Analisis buku pelajaran geografi SMA kelas XI materi budaya nasional dan interaksi global / Siti Fatimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis buku pelajaran geografi SMA kelas XI materi budaya nasional dan interaksi global / Siti Fatimah

Fatimah, Siti (2017) Analisis buku pelajaran geografi SMA kelas XI materi budaya nasional dan interaksi global / Siti Fatimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fatimah Siti. 2017. Analisis Buku Pelajaran Geografi SMA Kelas XI Materi Budaya Nasional dan Interaksi Global. Skripsi. Jurusan Geografi. Program Studi Pendidikan Geografi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Edy Purwanto M.Pd (II) Purwanto S.Pd M.Si. Kata Kunci Analisis buku pelajaran geografi penerbit Erlangga budaya nasional dan interaksi global Buku pelajaran penting sebagai sumber belajar. Oleh karena itu buku pelajaran harus berkualitas baik dari aspek materi konsep bahasa dan fungsi media. Berdasarkan observasi awal terhadap buku pelajaran geografi SMA/MA kelas XI penerbit Erlangga ditemukan kesalahan-kesalahan. Kesalahan tersebut yaitu konsep bahasa dan media yang tidak berfungsi. Dengan demikian buku pelajaran geografi perlu dianalisis lebih lanjut. Tujuan analisis buku pelajaran geografi SMA/MA kelas XI yaitu 1) mengkaji kesesuaian skope dan sikuen materi buku pelajaran dengan kurikulum 2013. 2) Mengaji tingkat kebenaran konsep dalam buku pelajaran. 3) Mengaji kebenaran bahasa yang meliputi tanda baca kosakata kalimat dan paragraf. 4) Mengaji fungsi media gambar yang digunakan untuk memperjelas materi dalam buku pelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi. Sumber data penelitian ini adalah buku pelajaran geografi SMA/MA Kelas XI penerbit Erlangga. Kajian utama penelitian ini pada kompetensi dasar menganalisis keragaman budaya bangsa sebagai identitas nasional dalam konteks interaksi global dan menyajikannya dalam bentuk gambar dan peta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian skope dan sikuen materi dengan kurikulum tergolong sedang dengan ketidaksesuaian 20%. Kebenaran konsep tergolong rendah dengan persentase kesalahan 42 5%. Kebenaran bahasa yang meliputi tanda baca tergolong sedang (kesalahan 7 09%) kosakata termasuk tinggi (kesalahan 0 27%) kalimat terkategori sedang (kesalahan 7 98%) dan paragraf terklasifikasi rendah (kesalahan 39 24%). Fungsi media tergolong rendah dengan persentase gambar tidak berfungsi sebesar 78 95%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan buku pelajaran geografi SMA/MA kelas XI penerbit Erlangga memiliki banyak kesalahan meliputi skope dan sikuen materi kurang sesuai dengan kurikulum kesalahan konsep dan bahasa serta media yang tidak berfungsi. Oleh karena itu disarankan beberapa hal yaitu 1) guru harus menelaah terlebih dahulu materi yang akan diajarkan kepada siswa agar kesalahan dapat diperbaiki. 2) Penulis harus merevisi buku sehingga kesalahan-kesalahan buku baik konsep bahasa dan media berkurang serta keberadaan editor ahli yang lengkap perlu sebelum buku diterbitkan. 3) Peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian sejenis dengan metode lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53603

Actions (login required)

View Item View Item