Pengaruh model group investigation berbasis outdoor terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IIS MAN 1 Kota Malang pada materi kearifan dalam pemanfaatan sumber daya alam / Hafsah Wahyu Nur Afifah

Afifah, Hafsah Wahyu Nur (2017) Pengaruh model group investigation berbasis outdoor terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IIS MAN 1 Kota Malang pada materi kearifan dalam pemanfaatan sumber daya alam / Hafsah Wahyu Nur Afifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Afifah, Hafsah Wahyu Nur. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation BerbasisOutdoor terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IIS MAN 1 Kota Malang Pada Materi Kearifan dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd, (II) Drs. Marhadi Slamet K, M.S, M.Si. Kata Kunci: Model Group Investigation berbasis Outdoor, Kemampuan Berpikir Kritis. Model pembelajaran Group Investigation merupakan model pembelajaran kooperatif dan menuntut siswa untuk aktif bekerja sama secara kelompok. Model ini dikombinasikan dengan metode pembelajaran outdoor. Model Group Investigation berbasis Outdoor ini membantu siswa aktif dalam bertanya, mengungkapkan gagasan untuk memecahkan suatu permasalahan serta mengumpulkan informasi sesuai fakta di lingkungan luar sekolah (outdoor) untuk mencapai kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hal tersebut model Group Investigation berbasis Outdoor ini diharapkan mampu mengembangkan pola pikir siswa kelas XI IIS MAN 1 Kota Malang menjadi siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation berbasis Outdoor terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IIS MAN 1 Kota Malang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) tipe pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini kelas XI IIS 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 29 siswa dan XI IIS 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan adalah soal pretest dan posttest sebanyak 5 butir soal. Kelayakan instrumen dilakukan melalui uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan analisis data yang dilakukan melalui uji hipotesis menggunakan uji t tidak berpasangan (independent sample t test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara tingkat berpikir kritis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi uji t < 0,05 dan perhitungan rata-rata gain score kelas eksperimen sebesar 5,13 lebih tinggi dari kelas kontrol 1,81. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation berbasis Outdoor berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IIS MAN 1 Kota Malang pada mata pelajaran Geografi. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi guru mata pelajaran geografi untuk menerapkan model pembelajaran Group Investigation berbasis Outdoorsebagai variasi model pembelajaran dan mengatasi kemampuan berpikir kritis siswa yang menurun, serta digunakan pada materi dengan kompetensi dasar analisis. ABSTRACT Afifah, Hafsah Wahyu Nur. 2017. Influence of Group Investigation Model Based On Outdoor to Critical Thinking Ability of Grade XI Students IIS MAN 1 Malang On Wisdom Material in Natural Resources Utilization. Thesis. GeographyEducation, Faculty of Social, State University of Malang. Advisors: (I) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd, (II) Drs. Marhadi Slamet K, M.S, M.Si. Keywords: Outdoor Group Investigation Model, Critical Thinking Ability. The Group Investigation learning model is a cooperative learning model and requires students to actively cooperate in groups. This model is combined with outdoor learning method. This Outdoor Group Investigation model helps students actively in asking questions, expressing ideas to solve problems and gathering factual information in an outdoor environment to achieve students' critical thinking skills. Based on this model of Outdoor Investigation Group is expected to be able to develop the mindset of students of class XI IIS MAN 1 Malang become students who have high critical thinking ability. This study aims to determine the effect of Outdoor Group Investigation learning model on the critical thinking skills of students of class XI IIS MAN 1 Malang. This research is a kind of quasi experimental research (pretest-posttest type control group design). The subjects of this study class XI IIS 1 as the experimental class amounted to 29 students and XI IIS 2 as the control class amounted to 26 students. The instrument used is a matter of pretest and posttest of 5 items. Instrument feasibility is done through prerequisite test consisting of normality test and homogeneity test, while data analysis done through hypothesis test using unpaired t test (independent sample t test). The results showed that there was a difference between the level of critical thinking of experimental class students and control class. The t test result analysis shows the sig <0.05 and mean score of the experimental class gain score of 5.13 is higher than the control class 1.8. So, it can be concluded that the study model of Group Investigation based on the influence of the ability of critical thinking students XI IIS MAN 1 Malang in the subject of Geography. Based on the results of the research, it is suggested for geography subject teachers to apply Outdoor Study Group-based learning model as a variation of learning model and overcome the critical thinking ability of students who decreased, and used in materials with basic competence analysis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53599

Actions (login required)

View Item View Item