Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar geografi siswa materi pelestarian lingkungan hidup kelas XI IPS SMA Negeri 4 Probolinggo / Ahmad Suhartono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar geografi siswa materi pelestarian lingkungan hidup kelas XI IPS SMA Negeri 4 Probolinggo / Ahmad Suhartono

Suhartono, Ahmad (2017) Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar geografi siswa materi pelestarian lingkungan hidup kelas XI IPS SMA Negeri 4 Probolinggo / Ahmad Suhartono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suhartono Ahmad. 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Materi Pelestarian Lingkungan Hidup Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Probolinggo. Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Budi Handoyo M.Si (II) Dr. Didik Taryana M.Si Kata Kunci Model Problem Based Learning Hasil Belajar Geografi Model Problem Based Learning merupakan suatu rangkaian pembelajaran yang berorientasikan pada permasalahan dunia nyata. Model ini memiliki keunggulan dalam proses pembelajaran diberbagai mata pelajaran. Namun demikian keunggulan model ini belum begitu nampak dalam pembelajaran geografi. Hal ini diduga dipengaruhi oleh kurangnya kematangan persiapan rangkaian pembelajaran Problem Based Learning yang digunakan dalam pembelajaran geografi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah keunggulan model problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa materi pelasterian lingkungan hidup kelas XI IPS SMA Negeri 4 Probolinggo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang termasuk dalam penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 53 siswa dengan rincian 26 siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan 27 siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu soal essai pretest dan posttest yang berjumlah 4 soal hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan uji-t dari data gainscore yang diperoleh dari selisih hasil pretest dan posttest. Uji-t digunakan untuk mengetahui pengaruh dari model problem based learning terhadap hasil belajar geografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan model problem based learning terhadap hasil belajar geografi siswa kelas eksperimen. Rata-rata skor hasil belajar siswa kelas ekperimen lebih tinggi 7 52 poin dari pada kelas kontrol. Dalam perhitungan uji hipotesis yang dilakukan hasil Sig.(2-tailed) diperoleh 0 005 0 05 berdasar hal tersebut maka H0 ditolak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diajukan dua saran. Pertama kepada guru geografi dalam menggunakan model problem based learning dianjurkan pada materi-materi yang memiliki banyak permasalahan seperti kompetensi dasar menganalisis dinamika lingkungan hidup dan dinamika kependudukan. Kedua kepada para peneliti selanjutnya dengan variabel sama untuk melakukan eksperimen dengan lokasi jenjang pendidikan materi atau mata pelajaran yang berbeda agar kemanfaatan model ini meyakinkan. ABSTRAK Suhartono Ahmad. 2017. The Effect Of Problem Based Learning Model to Student s Geography Learning Result In Chapter Living Environment At 11th social grade SMAN 4 Probolinggo. Thesis Geography Education Departement Faculty of Social Science Universitas Negeri Malang. Advisors (I) Dr. Budi Handoyo M.Si (II) Dr. Didik Taryana M.Si Keyword Problem Based Learning Model Student s geography learning result Problem Based Learning is a learning model which oriented in the contextual problem. This model has excellence on the learning process in various subjects. However the excellence of this model has not been so visible in geography learning. This is thought to be influenced by the lack of maturity of the preparation of a series learning Problem Based Learning used in teaching geography. The aim of research is to knowing whether the excellence of the problem-based learning model had an effect on the students geography learning achievement of environmental class XI IPS SMA Negeri 4 Probolinggo. This research use quasy experiment basicly in quantitative approach. Reaerch s subject consist of 53 student withn 26 students fromXI IPS 1 as control and 27 student from XI IPS 2 experiment class. Instrument which used is essay pretest dan posttest with 4 points. The data analysis technique using t-test from gainscore data obtained from difference of pretest and posttest result. T-test is used to know effect from problem based learning with student s geography learning result. Research s result showed that there was a positive and significancy effect beetwen problem based learning to student s geography learning result inexperiment class. Experiment class had more score from control with score 7 52. In the calculation of the hypothesis test performed the result of Sig. (2-tailed) obtained 0.005

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53598

Actions (login required)

View Item View Item