Penerapan pembelajaran konstektual dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran geografi kelas XI SMAN 4 Tuban / Talita Oktavianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran konstektual dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran geografi kelas XI SMAN 4 Tuban / Talita Oktavianti

Okvianti, Talita (2017) Penerapan pembelajaran konstektual dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran geografi kelas XI SMAN 4 Tuban / Talita Oktavianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Okvianti Talita. 2017. Penerapan Pembelajaran Kontekstual dengan Model Problem BasedLearning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMA Negeri 4 Tuban. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Geografi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si (2) Rudi Hartono M. Si Kata Kunci Pembelajaran Kontekstual Problem BasedLearning Berpikir Kritis Hasil observasi yang dilakukan tanggal 20 Februari 2017 di kelas XI IIS 2 SMAN 4 Tuban diketahui bahwa kegiatan pembelajaran geografi masih didominasi oleh guru Pembelajaran diisi dengan penjelasan materi dan mengerjakan soal di LKS sehingga siswa kurang dalam menganalisis masalah-masalah yang berkaitan dengan materi.Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlu dilakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satunya dengan penerapan pembelajaran kontekstual dengan model problem basedlearning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritispada Materi Pelestarian Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas ini peneliti terlibat langsung dalam proses penelitian mulai dari perencanaan pelaksanaan hingga pelaporan data. Kegiatan pembelajaran terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengambilan data dilaksanakan dengan observasi dan tes tulis. Penelitian dilaksanakan di kelas XI IIS 2 dengan jumlah siswa 30 orang pada Materi Pelestarian Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI-IIS 2 semester 2 SMAN 4 Tuban. Ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata persentase kemampuan berpikir kritis sebesar 65 6% (baik) pada siklus I meningkat menjadi 77% (baik) pada siklus II. Rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa meningkat sebesar17 8 %.Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan bagi guru geografi agar menggunakan pembelajaran kontekstual model problem basedlearning sebagai inovasi dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53597

Actions (login required)

View Item View Item