Penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas XI-IPS 2 SMA Ar-Rohmah Putri Islamic Boarding School Dau Malang / Hastya Rizkananda Masitoh - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas XI-IPS 2 SMA Ar-Rohmah Putri Islamic Boarding School Dau Malang / Hastya Rizkananda Masitoh

Masitoh, Hastya Rizkananda (2017) Penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas XI-IPS 2 SMA Ar-Rohmah Putri Islamic Boarding School Dau Malang / Hastya Rizkananda Masitoh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Masitoh Hastya. 2017. Penerapan Model PembelajaranTalking StickUntukMeningkatkanHasilBelajarGeografiSiswaKelas XI IPS 2 Di SMA Ar-RohmahPutriIslamic Boarding SchoolDau Malang. Skripsi JurusanGeografi Program StudiPendidikanGeografi FIS UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Yusuf Suharto M.Pd (II) Drs. Marhadi SK M.Si Kata kunci Talking Stick HasilBelajar Observasiawaldiketahuibahwametodepembelajarangeografi yang dilakukan di SMA Ar-RohmahPutriIslamic Boarding SchoolDau Malang adalahteacher center (berpusatpada guru). Siswakurangantusiasdalampembelajarangeografi. Hal initerlihatdariaktivitassiswa yang ramaisendiri danbermainkertaslipat. Aktivitasbelajartersebutmempengaruhihasilbelajarsehinggaperludiperbaikidenganmenerapkan model pembelajaranTalking Stick karena model inimengajaksiswauntuklebihaktifdanmengajaksiswabelajarsambilbermain yang dapatmemotivasisiswauntukmengikutimateri yang disampaikan guru diharapkanpengetahuansiswaakanbertambah danhasilbelajarnyajugameningkat. Penelitianinibertujuanmeningkatkanhasilbelajarsiswa. Upayauntukmencapaitujuantersebut makapenelitianinidirancangdenganmenggunakan model penelitiantindakankelas yang dilaksanakanpadabulanJanuaritahun2017. Subjekpenelitianyaitusiswakelas XI IPS 2 yang berjumlah 27 siswa instrumenpengumpulan data melaluitestiapakhirsiklus. Hasilpenelitianmenunjukkanterjadiperubahanhasilbelajarsiswapratindakanyakni 57 8% untuk rata-rata kelasdenganketuntasanklasikalyakni 4% menjadi 62 8% untuk rata-rata kelasdenganketuntasanklasikalyakni7% padasiklus I. Kemudianpadasiklus II menjadi 79 8% untuk rata-rata kelasdenganketuntasanklasikalyakni 59%.Temuanpenelitianmenunjukkanbahwahasilbelajarsiswamengalamipeningkatanhasilbelajargeografisiswakelas XI IPS 2 SMA Ar- RohmahPutriIslamic Boarding SchoolDau Malangdaripratindakan siklus I dansiklus II. Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajarankooperatif model Talking StickdapatmeningkatkanhasilbelajargeografipadamateriLingkunganHidupdan Pembangunan Berkelanjutansiswakelas XI IPS 2 Di SMA Ar- RohmahPutriIslamic Boarding SchoolDau Malang. Berdasarkanhasiltersebut disarankan (1) Bagi guru geografi agar menggunakanmodel Talking Stickuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa. (2) Bagi SMA Ar- RohmahPutriIslamic Boarding SchoolDau Malang agar menyediakansaranadanprasarana yang lengkapuntukmendukungefektifitaspenerapan model pembelajaranTalking Stick (3) Bagipenelitiselanjutnyadiharapkandapatmelakukanpenelitiansejenisdalamrangkamemperbaikikualitaspembelajarandengan model Talking Stickdenganpokokbahasan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53594

Actions (login required)

View Item View Item