Pengaruh model pembelajaran inquiry terbimbing berbasis outdoor study terhadap kemampuan berpikir analitis siswa mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi / Milang Kumara - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran inquiry terbimbing berbasis outdoor study terhadap kemampuan berpikir analitis siswa mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi / Milang Kumara

Kumara, Milang (2017) Pengaruh model pembelajaran inquiry terbimbing berbasis outdoor study terhadap kemampuan berpikir analitis siswa mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi / Milang Kumara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kumara Milang. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Berbasis Outdoor Study Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Purwanto S. Pd. M. Si (2) Drs. Hendri Purwito M. Si Kata kunci Inquiry Terbimbing berbasis Outdoor Study Kemampuan Berpikir Analitis Kemampuan berpikir analitis siswa dalam pelajaran geografi masih tergolong rendah. Kemampuan berpikir analitis dalam pembelajaran geografi di SMA masih sebatas dalam aspek pengetahuan dan pemahaman. Pengembangan kemampuan berpikir analitis siswa dalam pelajaran geografi perlu dikembangkan melalui pembelajaran. Pembelajaran yang dirancang untuk menumbuhkan kemampuan berpikir analitis perlu menyajikan permasalahan nyata yang ada di lingkungan sekitar siswa sehingga pembelajaran akan lebih bermakna. Salah satu model pembelajaran adalah inquiry terbimbing berbasis outdoor study. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis outdoor study terhadap kemampuan berpikir analitis. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan menggunakan Pretest dan Posttest Group Design. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Pegumpulan data yang digunakan dengan menggunakan tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal Pretest dan Posttest yang terdiri dari lima soal essay. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model inkuiri terbimbing berbasis outdoor study berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir analitis siswa mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Purwoharjo. Berdasarkan hasil analisa menggunakan uji Non-Parametric Test dengan mengunakan Mann-Whitney diperoleh nilai signifikan sebesar 0 002. Nilai rata-rata gain score kemampuan berpikir analitis siswa kelas eksperimen adalah 17 97 lebih tinggi daripada kelas kontrol sebesar 8 28. Sehingga model inkuiri terbimbing berbasis outdoor study berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa. Berdasarkan temuan penelitian diajukan dua saran. Pertama jika guru menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing terbimbing berbasis outdoor study harus merencanakan alokasi waktu dengan baik dan lebih detail saat menjelaskan setiap tahapan serta memperhatikan kesesuaian materi dengan model pembelajaran. Kedua untuk peneliti lanjutan disarankan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis outdoor study sebagai pertimbangan pemilihan model dalam penelitian serta dapat menambahkan variable maupun menggunakan variabel lain seperti berpikir spasial kreatif ilmiah dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53591

Actions (login required)

View Item View Item