Evaluasi penyelenggaraan diklat (studi kasus di Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu) / Rita Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi penyelenggaraan diklat (studi kasus di Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu) / Rita Wulandari

Wulandari, Rita (2019) Evaluasi penyelenggaraan diklat (studi kasus di Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu) / Rita Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Wulandari Rita. 2019. Evaluasi Penyelenggaraan Diklat (Studi Kasus di Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu). Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. Supriyono M.Pd. (II) Drs. Lasi Purwito M.S. Kata Kunci evaluasi penyelenggaraan diklat Pendidikan dan pelatihan yang selanjutnya disebut diklat masuk dalam wilayah kerjaan pendidikan nonformal atau pendidikan luar sekolah. Diklat merupakan salah satu kegiatan dalam rangka meningkatkan pengetahuan sikap dan keterampilan agar dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Diklat dalam pelaksanaannya memerlukan suatu proses yang disebut proses evaluasi penyelenggaraan diklat yang penting pelaksanaannya untuk mengukur mengetahui keberhasilan suatu program diklat. Begitupun di Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu tidak terlepas dari suatu proses evaluasi penyelenggaraan diklat. Evaluasi penyelenggaraan diklat di BBPP Batu bertujuan untuk mengetahui dan mengukur tingkat kepuasaan capaian dan kekurangan yang dirasakan peserta diklat selama mengikuti diklat di BBPP Batu. Peneliti mengambil fokus penelitian mengenai evaluasi penyelenggaraan diklat di BBPP Batu. Penelitian yang dilakukan di BBPP Batu ini bertujuan untuk menjelaskan atau mendeskripsikan tentang (1) aspek evaluasi penyelenggaraan diklat di BBPP Batu (2) tahapan pelaksanaan evaluasi penyelenggaraan diklat di BBPP Batu dan (3) tindak lanjut hasil evaluasi penyelenggaraan diklat di BBPP Batu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus deskriptif yakni penelitian secara intensif subjek untuk kemudian dideskripsikan. Sumber data didalam penelitian ini adalah beberapa pegawai dari BBPP Batu. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan teknik analisis isi. Hasil yang didapat dari penelitian ini antara lain (1) aspek evaluasi penyelenggara diklat di BBPP Batu terdiri dari tiga aspek yang meliputi peserta widyaiswara dan penyelenggaraan yang mengembangkan menjadi enam bentuk evaluasi yaitu evaluasi harian/daily mood evaluasi terhadap penguasaan materi evaluasi terhadap sikap dan perilaku peserta evaluasi terhadap widyaiswara evaluasi kepuasaan peserta terhadap penyelenggaraan diklat dan evaluasi peningkatan pengetahuan (2) tahapan pelaksanaan evaluasi penyelenggaraan diklat melalui empat tahap yang meliputi tahap persiapan tahap pengumpulan data tahap pengolahan dan analisa data dan tahap penyusunan laporan evaluasi dan (3) tindak lanjut hasil evaluasi penyelenggaraan diklat dengan menyusun rencana tindak lanjut dan laporan hasil evaluasi berupa rekomendasi tindak lanjut yang telah diolah oleh evaluator dan diberikan kepada pihak-pihak terkait dalam pelaksanaan diklat. Evaluasi diklat dibagi menjadi empat macam yang meliputi sebagai berikut (1) evaluasi proses yang dalam pelaksanaan evaluasi diklat di BBPP Batu terdiri dari evaluasi daily mood evaluasi terhadap widyaiswara dan evaluasi kepuasaan peserta terhadap penyelenggaraan diklat (2) evaluasi hasil yang dalam pelaksanaan vi evaluasi diklat di BBPP Batu terdiri dari evaluasi terhadap penguasaan materi evaluasi terhadap sikap dan perilaku peserta evaluasi peningkatan pengetahuan dan evaluasi rencana tindak lanjut (3) evaluasi program yang dalam pelaksanaan evaluasi diklat di BBPP Batu terdiri dari evaluasi pasca diklat dan (4) evaluasi dampak dalam pelaksanaan evaluasi diklat di BBPP Batu. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan disarankan (1) perlu adanya evaluasi untuk menilai peningkatan keterampilan dan perubahan sikap peserta diklat karena sebuah diklat bertujuan bukan hanya untuk meningkatkan pengetahuan peserta saja tapi juga untuk meningkatkan sikap dan keterampilan peserta (2) Evaluasi penyelenggaraan diklat di BBPP Batu selain dilakukan dengan teknik survei observasi dan tes mungkin bisa ditambah evaluasi yang dilakukan dengan teknik wawancara yang dilakukan secara komunikatif diakhir diklat dengan menanyakan kesan pesan dan pendapat peserta mengenai diklat yang diikutinya. Dengan hal tersebut dapat tercipta interaksi antara panitia dengan peserta diklat yang menciptakan kesan baik bagi peserta diklat dan (3) Rencana tindak lanjut tersebut sebaiknya tidak berhenti pada sebuah kertas saja namun juga harus ada monitoring untuk melihat sejauh mana realisasi dari rencana tindak lanjut di tempat kerja yang disusun peserta diklat ketika sesaat setelah program diklat berakhir dahulu. Serta perlu juga dilakukan monitoring terkait dengan kognisi dan retensi peserta diklat setelah sekian waktu usai menjalani diklat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5359

Actions (login required)

View Item View Item