Pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap minat dan hasil belajar Geografi pada materi Hidrosfer siswa kelas X SMA Al-Ma'hadul Islami (Putri) Bangil Pasuruan / Nur Hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap minat dan hasil belajar Geografi pada materi Hidrosfer siswa kelas X SMA Al-Ma'hadul Islami (Putri) Bangil Pasuruan / Nur Hidayati

Hidayati, Nur (2017) Pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap minat dan hasil belajar Geografi pada materi Hidrosfer siswa kelas X SMA Al-Ma'hadul Islami (Putri) Bangil Pasuruan / Nur Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayati Nur. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Al-Ma hadul Islami (Putri) Bangil Pasuruan. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Purwanto S.Pd M.Si. (II) Drs. Rudi Hartono M.Si. Kata Kunci minat belajar hasil belajar pembelajaran kooperatif model TAI Model pembelajaran yang berkembang dewasa ini adalah pembelajaran kooperatif yang menuntut siswa untuk aktif dan bekerja sama dalam kelompok kecil untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran kooperatif memiliki berbagai model salah satunya adalah Team Assisted Individualization (TAI). Pemilihan model pembelajaran ini karena model ini memiliki berbagai kelebihan salah satunya yaitu pada sintaks Team Study dimana semua anggota kelompok saling bekerja sama dan saling membantu dalam menyelesaikan unit pembelajaran dari guru saat inilah siswa yang memiliki kemampuan di atas rata-rata membantu menjelaskan unit materi kepada siswa yang kemampuannya di bawah rata-rata (Assisted Individualization). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Team Assisted Individualization terhadap minat dan hasil belajar pada siswa kelas X SMA Al-Ma hadul Islami (putri) Bangil Kabupaten Pasuruan. Rancangan penelitian ini adalah eksperimental semu yaitu mempunyai kelompok kontrol tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel luar yang bisa mempengaruhi pelaksanaan eksperimen dan termasuk dalam penelitian kuantitatif. Pelaksanaan penelitian di SMA Al-Ma hadul Islami (putri) Bangil Kabupaten Pasuruan dengan kelas XA sebagai kelas kontrol dan Xb sebagai kelas eksperimen. Data yang diambil adalah minat dan hasil belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian Post Test dan angket di akhir pertemuan. Analisis data dilakukan dengan membandingkan gain score hasil tes soal dan hasil angket minat antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dengan menggunakan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa pada materi Hidrosfer siswa kelas X SMA Al-Ma hadul Islami (putri) Bangil Kabupaten Pasuruan. ABSTRACK Hidayati Nur. 2017. The Effect of Team Assisted Individualization Model Against the Interest and Learning Outcomes of Tenth Graders of SMA Al-Ma hadul Islami (Putri) Bangil Pasuruan. Thesis Geography Department Faculty of Social Sciences State University of Malang. Advisors (I) Purwanto S.Pd M.Si. (II) Drs. Rudi Hartono M.Si. Keywords Interest to Learn Learning Outcomes Team Assisted Individualization Model. Learning model that is developing nowadays is cooperative learning that requires students to be active and cooperative in a small group to achieve learning objectives. Cooperative learning has various models one of which is Team Assisted Individualization (TAI). Selection of this model because this model has many advantages one of them is the Team Study syntax where all group members work together and help each other in completing the learning unit of the teacher this time the students who have the ability above the average can help the other students whose ability is below average to explain the material units (Assisted Individualization). The purpose of this research is to investigate the effect of Team Assisted Indvidualization model on the interest and learning outcomes of ten graders of SMA Al-Ma hadul Islami (Putri) Bangil Pasuruan. The design used in this research is quasi experiments that has a control group but not fully functional to control outside variables which may affect the execution of the experiment this study is included in quantitative research. This research was done in SMA Al-Ma hadul Islami (Putri) Bangil Pasuruan with X-A class as the control class and X-B class as the experimental class. The data in this research are the students interest and student learning outcomes. The data collection was done by giving the post-test and giving a questionnaire at the last meeting. The data analysis was done by comparing the gain score between the experimental class and the control by using SPSS 16.0 for Windows. The research result can be concluded there is an influence of Team Assisted Individualization (TAI) model on students interest and learning outcomes on the hydrosphere material for the tenth grader of SMA Al-Ma hadul Islami (Putri) Bangil Pasuruan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53589

Actions (login required)

View Item View Item