Hidayati, Umi (2017) Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada kelas XI IPS2 SMAN 1 Turen Malang / Umi Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hidayati Umi. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Devision (STAD) untuk meningkatkan Keaktifan dan Hasil belajar Siswa Kelas XI IPS 2 Turen. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr.Achmad Amirudin M.Pd (II) Dr. Dwiyono Hari Utomo M.Pd M.Si Kata Kunci model pembelajaran STAD keaktifan dan hasil belajar siswa. Hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 10 September 2016 diketahui bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Turen masih rendah. Nilai rata-rata peserta didik pada kelas XI IPS 2 yaitu 68 sedangkan KKM yang ditetapkan oleh guru adalah 75. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Salah satunya dengan penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Devision (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar Geografi peserta didik pada materi Pelestarian Lingkungan Hidup dan Pembangunan berkelanjutan. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dalam penelitian diterapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Devision (STAD) merupakan salah sat model pembelajaran yang dapat melatih siswa untuk bekerjasama dan memungkinkan mereka lebih aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran STAD. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Kegiatan pembelajaran terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengambilan data dilaksanakan dengan observasi dan tes tulis. Penelitian dilaksanakan di kelas XI IPS 2 Turen dengan jumlah 33 orang pada materi Pelestarian Lingkungan Hidup dan Pembangunan berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat bahwa rata-rata keaktifan siswa siklus I mencapai 76 55% meningkat menjadi 83 48% pada siklus II. Keaktifan belajar ini dapat menunjukkan meningkatnya hasil belajar siswa yakni pada siklus 1 rata-rata 61 86 meningkat menjadi 81 64 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian model pembelajaran Student Teams Achievement Devision (STAD) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. dengan demikian disarankan (1) Bagi sekolah hendaknya pihak sekolah memfasilitasi dan mendukung guru untuk melakukan penelitian tindakan kelas agar masalah pembelajaran dapat teratasi (2) Guru perlu menerapkan metode pembelajaran kooperatif model STAD sebagai salah satu metode alternatif dalam kegiatan pembelajaran (3) Bagi peneliti selanjutnya hendaknya menerapkan model pembelajaran STAD menggunakan materi lain selain materi pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan selain itu peneliti juga dapat menambahkan variabel lain seperti motivasi dan lain-lain. ABSTRACT Hidayati Umi. 2017. The Application of Learning Model Student Teams Achievement Devision (STAD) to improve the Activity and Student Learning Outcomes of Class XI IPS 2 Turen. Thesis Department of Geography Faculty of Social Sciences. Malang State University. Counselor (1) Dr.Achmad Amirudin M.Pd (II) Dr. Dwiyono Hari Utomo M.Pd M.Si Keywords STAD learning model liveliness and student learning outcomes. Observations made on September 10 2016 note that the activity and learning outcomes of students of class XI IPS 2 SMA Negeri 1 Turen is still low. The average value of students in class XI IPS 2 is 68 while the KKM established by the teacher is 75. To overcome these problems need to be done research on the application of learning models that can improve the liveliness and learning outcomes of learners. One of them is by applying the Student Teams Achievement Devision (STAD) learning model to improve students learning achievement of Geography on Environmental Conservation and Sustainable Development. Based on these problems the research applied Student Teams Achievement Devision (STAD) learning model is one of the learning models that can train students to cooperate and enable them to be more active in learning. This study aims to improve the activity and learning outcomes of students by using STAD learning model. This type of research is Classroom Action Research. Learning activities consist of 2 cycles each cycle consists of planning implementation observation and reflection. The data were collected by observation and written test. The study was conducted in class XI IPS 2 Turen with 33 people in Environmental Conservation and Sustainable Development. The results showed that students learning activeness increased. It can be seen that the average activity of students cycle I reached 76.55% increased to 83.48% in cycle II. This learning activity can show the increase of student learning result that is on cycle 1 mean 61 86 increase to 81 64 in cycle II. Based on the results of this study it can be concluded that study of Student Teams Achievement Devision (STAD) learning model can improve students activity and learning outcomes. (2) Teachers need to apply cooperative learning method of STAD model as one of alternative method in learning activity (3) divide The next researcher should apply STAD learning model using other material besides environmental conservation and sustainable development besides that the researcher can also add other variables like motivation and others
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53587 |
Actions (login required)
View Item |