Perbandingan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 1 Kepanjen / Nindya Rianita - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 1 Kepanjen / Nindya Rianita

Rianita, Nindya (2017) Perbandingan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 1 Kepanjen / Nindya Rianita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rianita Nindya. 2017. Perbandingan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Inkuiri Bebas Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMAN 1 Kepanjen Malang. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Budi Handoyo M.Si (II) Dr. Singgih Susilo M.S M.Si Kata Kunci Inkuiri Terbimbing Inkuiri Bebas Berpikir Kritis. Model pembelajaran Inkuiri adalah model pembelajaran yang sesuai dengan implementasi Kurikulum 2013. Setiap langkah pembelajaran Inkuiri mengasah kemampuan berpikir kritis siswa. Inkuiri terbimbing dan Inkuiri bebas merupakan jenis pembelajaran Inkuiri. Kedua jenis inkuiri tersebut dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa akan tetapi belum dapat diketahui penerapan jenis inkuiri yang lebih baik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan inkuiri bebas di kelas X SMA Negeri 1 Kepanjen. Rancangan penilitian ini adalah Posttest Only yang termasuk dalam penelitian eksperimen semu. Data dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan berpikir kritis siswa setelah diberi perlakuan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik daripada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri bebas. Hasil uji-t terhadap kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa kelas X yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih unggul daripada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri bebas. Keunggulan inkuiri terbimbing disebabkan adanya peran guru yang selalu membimbing dan mengarahkan siswa dalam melakukan penelitian. Siswa yang masih berada di kelas X semeseter 2 masih membutuhkan peran dan bimbingan guru. Inkuiri terbimbing terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Guru disarankan untuk menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada kelas X dalam proses pembelajaran khususnya diterapkan pada kompetensi dasar yang menuntut kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53586

Actions (login required)

View Item View Item