Pengaruh pemanfaatan media peta digital pada mata pelajaran geografi materi budaya nasional dan interaksi global terhadap kemampuan berpikir geografi kelas XI SMAN 1 Turen / Prima Ismadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan media peta digital pada mata pelajaran geografi materi budaya nasional dan interaksi global terhadap kemampuan berpikir geografi kelas XI SMAN 1 Turen / Prima Ismadi

Ismadi, Prima (2017) Pengaruh pemanfaatan media peta digital pada mata pelajaran geografi materi budaya nasional dan interaksi global terhadap kemampuan berpikir geografi kelas XI SMAN 1 Turen / Prima Ismadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ismadi Prima. 2017. Pengaruh Pemanfaatan Media Peta Digital Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Budaya Nasional Dan Interaksi Global Terhadap Kemampuan Berpikir Geografi Kelas XI SMAN 1 Turen. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hadi Soekamto SH M.Pd M.Si (II) Drs. Hendri Purwito M.Si Kata Kunci Kemampuan Berpikir Geografi Peta Digital Sejak pendidikan memasuki era modernisasi penggunaan media pembelajaran sangatlah penting. Terutama pada mata pelajaran geografi yang membutuhkan peta sebagai salah satu media terpenting. Akan tetapi penggunaan peta konvensional sebagai media pembelajaran semakin menurun. Oleh karena itu seiring berkembangnya teknologi peta digital adalah jawaban atas tuntutan masa kini yang memerlukan sistem komputerisasi diterapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh aplikasi peta digital terhadap keterampilan berpikir geografi remaja kelas 11 SMAN 1 Turen Tahun Akademik 2016/2017 dalam materi budaya nasional dan interaksi global. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di dua kelas berbeda yang setara. Kelas tersebut adalah XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 33 dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 29 siswa. Penelitian ini melalui tahapan pembelajaran 2 kali pertemuan dan 1 kali pertemuan untuk tes post tes. Untuk teknik pengumpulan data pada penelitian ini lembar tes soal post tes dan observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini diketahui bahwa penggunaan media peta digital dapat berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan berpikir geografi siswa pada materi budaya nasional dan interaksi global di SMAN 1 Turen. Pengaruh peta digital terhadap kemampuan berpikir geografi terlihat pada hasil uji t post tes dan nilai rata rata siswa. Hasil uji t menunjukkan nilai 0 015 lebih kecil dari 0 05 sehingga dapat dikatakan bahwa Peta digital berpengaruh terhadap kemampuan berpikir geografi siswa. Hal itu juga didukung oleh hasil rata-rata nilai siswa yang mana kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 70 31 dan kelas kontrol mendapatkan nilai 64 03. Dari kedua data di atas dapat disimpulkan bahwa peta digital berpengaruh terhadap kemampuan berpikir geografi siswa. ABSTRACT Ismadi Prima. 2017. The Effect of Aplication Digital Map to Geographycal Thinking Skill for Geography Student 11th Grade SMAN 1 Turen in National Culture and Global Interaction Subject. Thesis. Departemen of Geography Faculty of Social Science. Universitas Negeri Malang. Advisor (I) Drs. Hadi Soekamto SH M.Pd M.Si (II) Drs. Hendri Purwito M.Si. Keyword Geographycal Thinking Skill Digital Map Since education entered the era of modernization the use of instructional media is very important. Especially on the subjects of geography that requires the map as one of the most important media. However the use of conventional maps as a learning medium decreases. Therefore as the development of digital map technology is the answer to the demands of the present that require a computerized system is applied. The purpose of this research is to explain the effect of digital map application on geographycal thinking skill student 11th grade SMAN 1 Turen Academic Year 2016/2017 in national cultural material and global interaction subject. This study is an experimental design research conducted in two different equivalent classes. The class XI IPS 2 as an experimental class with a total of 33 students and class XI IPS 3 as a control class with a total of 29 students. This study through the learning stages two time meetings for applying the digital map and once meeting for post test test. For data collection techniques in this study use post test and observation of the implementation of learning activities. Based on the results of this study that the use of digital map media has an effect to students geographycal thinking skill on national cultural material and global interaction at SMAN 1 Turen. The effect of digital maps on geographical thinking skill is seen in post test test result and average score test. The result of t test shows that the value of 0.015 is smaller than 0.05 so the digital map has an effect on the students geographycal thinking skill. It was also supported by the average result of the students scores which the experimental class got an average score of 70.31 and the control class got the value of 64.03. From both data above can be concluded that digital map has an effect to student s geographycal thinking skill.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53581

Actions (login required)

View Item View Item