Penerapan model pembelajaran learning together menggunakan creativity mind mapping untuk meningkatkan pemahaman konsep geografi siswa kelas XI IPS 3 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Ira Kurnia Sugiarto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran learning together menggunakan creativity mind mapping untuk meningkatkan pemahaman konsep geografi siswa kelas XI IPS 3 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Ira Kurnia Sugiarto

Sugiarto, Ira Kurnia (2017) Penerapan model pembelajaran learning together menggunakan creativity mind mapping untuk meningkatkan pemahaman konsep geografi siswa kelas XI IPS 3 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Ira Kurnia Sugiarto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sugiarto Ira Kurnia. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Learning Together Menggunakan Creativity Mind Maping untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geografi Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si (2) Drs. Yusuf Suharto M.Pd Kata Kunci Learning Together Creativity Mind Mapping Pemahaman Konsep Penelitian ini berdasarkan permasalahan yang dialami siswa kelas XI IPS 3 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang yaitu rendahnya pemahaman konsep pada pembelajaran geografi. Rendahnya pemahaman konsep geografi pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang dibuktikan dengan 1) Hasil ulangan harian masih banyak yang di bawah KKM 2) Siswa masih kesulitan menjawab pertanyaan guru mengenai konsep kearifan lokal dalam sumber daya alam sub bagian bidang pertanian dan pertambangan 3) Pembelajaran di kelas masih dijumpai siswa yang kurang aktif dan (4) Banyak siswa yang kurang suka membaca buku pelajaran dan berbagai sumber yang terkait dengan geografi. Tujuan penelitian ini meningkatkan pemahaman konsep geografi siswa dengan model tersebut pada mata pelajaran geografi materi kearifan lokal dalam pemanfaatan sumber daya alam sub bagian bidang pertanian dan pertambangan. Skripsi ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Langkahnya terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi begitu pula siklus II. Subjek penelitian yakni siswa kelas XI IPS 3 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang dengan jumlah 32 orang. Materi yang digunakan yaitu Kearifan Lokal Dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam sub bagian Bidang Pertanian dan pertambangan. Pengambilan data dengan cara observasi catatan lapangan dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep geografi siswa. Rata-rata nilai pemahaman konsep geografi pada pra siklus sebesar 68 25 siklus I 74 06 sedangkan siklus II (83 75). Hal tersebut berarti terdapat peningkatan nilai sebesar 9 69 (13 08%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan pemahaman konsep geografi setelah penerapan model pembelajaran learning together menggunakan creativity mind mapping. Saran bagi peneliti lanjut dapat menggunakan model yang sama namun harus berbeda variabel aktivitasnya. ABSTRACT Sugiarto Ira Kurnia. 2017. Application of Learning Together Using Learning Model Creativity Mind Mapping to Improve Understanding of Student Geography Concept Class XI IPS 3 Laboratorium Universitas Negeri Malang. Thesis Department of Geography Faculty of Science Social Universitas Negeri Malang. Supervisor (1) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si (2) Drs. Yusuf Suharto M.Pd Keywords Learning Together Creativity Mind Mapping Concept Understanding This study was based on the problems that was experienced by the students of class XI IPS 3 at SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang is the low understanding of the concept of learning geography. The low understanding of the concept of geography in students of grade XI IPS 3 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang is evidenced by 1) Daily test results are still many who are under the KKM 2) Students still have difficulty in answering teacher s questions about local wisdom concept in natural resources of agriculture and mining sub-sector 3) Classroom learning still encountered students who are less active And (4) Many students are less likely to read textbooks and various sources related to geography. The purpose of this research is to improve the understanding of the student s geography concept with the model on the subject of geography of local wisdom materials in the utilization of natural resources in agriculture and mining sectors. This thesis is a classroom action research consisting of two cycles. These steps consist of planning execution observation and reflection as well as cycle II. The subjects of the study were students of grade XI IPS 3 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang with the number of 32 students. The material used is Local Wisdom in Utilization of Natural Resources sub-section of agriculture and mining. Taking data by observation field notes and tests. Data analysis used in this research is quantitative descriptive. The results of this study indicate an increase in understanding the concept of geography of students. The average value of geography concept understanding in pre-cycle is 68 25 cycle I 74 06 while cycle II (83 75). This means there is an increase in value of 9.69 (13.08%). Based on the results of this study it can be concluded that there has been an increase in understanding the concept of geography after the application of learning model using creativity mind mapping. Advice for advanced researchers can use the same model but must be different activity variables.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53579

Actions (login required)

View Item View Item