Pengaruh model pembelajaran guided discovery berbantuan peta pada isu spasial materi hidrosfer terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X di SMA Negeri 1 Ketapang Kabupaten Sampang / Naylul Amanie - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran guided discovery berbantuan peta pada isu spasial materi hidrosfer terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X di SMA Negeri 1 Ketapang Kabupaten Sampang / Naylul Amanie

Amanie, Naylul (2017) Pengaruh model pembelajaran guided discovery berbantuan peta pada isu spasial materi hidrosfer terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X di SMA Negeri 1 Ketapang Kabupaten Sampang / Naylul Amanie. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amanie Naylul. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Berbantuan Peta Pada Isu Spasial Materi Hidrosfer Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Ketapang Kabupaten Sampang. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Purwanto S.Pd. M.Si (II) Drs. Rudi Hartono M.Si Kata Kunci Guided Discovery berpikir kritis peta Kurikulum 2013 tidak hanya menuntut siswa untuk bisa berpikir kritis dengan cara pendekatan ilmiah. Namun memberikan peluang bagi siswa untuk lebih mandiri dan melatih keterampilan. Mengingat standart kelulusan pada kurikulum 2013 menitik beratkan terhadap 3 hal yaitu sikap pengetahuan dan keterampilan guru dituntut mampu menciptakan proses pembelajaran yang bisa mengembangkan 3 hal tersebut. Salah satunya adalah guru dapat mengombinasikan antara model pembelajaran dengan media untuk merangsang kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran Guided Discovery. Model penemuan terbimbing (Guided Discovery) adalah model pembelajaran yang mengutamakan belajar mencari dan menemukan sendiri. Dalam proses pembelajaran ini guru menyajikan bahan pelajaran tidak dalam bentuk yang utuh tetapi siswa diberi peluang untuk mencari dan menemukannya sendiri dengan bimbingan guru. Model ini menitik beratkan proses pembelajaran dengan kegiatan praktikum. Tujuan dari model ini adalah siswa akan mengalami proses pembelajaran transfer jangka panjang yang merangsang daya ingat karena mereka melakukan penemuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Guided Discovery berbantuan peta terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini melibatkan 2 kelas yaitu kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang dan kelas X MIPA 5 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen) menggunakan desain Pretest-posttest Control Group Design. Kemampuan berpikir kritis diukur menggunakan 4 soal essai dengan dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data meliputi uji normalitas homogenitas dan uji hipotesis menggunakan perhitungan uji t. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa yang diketahui dari rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis. Pada Pretest di dapatkan nilai 60 54. Selanjutnya pada Posttest nilai yang di didapat sebesar 83 75. Dengan demikian selisih antara nilai Pretest dan Posttest adalah 23 21. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model Guided Discovery berbantuan peta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X pada mata pelajaran Geografi. ABSTRACT Amanie Naylul. 2017. Influence of Guided Discovery Learning with Map on Spatial Issues of Hydrosphere Material to the Students Critical Thinking Ability for the Tenth Graders of SMA Negeri 1 Ketapang Sampang Regency. Thesis Department of Geography Faculty of Social Science State University of Malang . Supervisors (I) Purwanto S.Pd. M.Si (II) Drs. Rudi Hartono M.Si Keywords Guided Discovery Critical Thinking Map Curriculum 2013 is not only demanded students to be able in thinking by scientific approach. However it provides opportunities for students to be more independent and train their skills. Given the graduation standard in the curriculum 2013 focuses on 3 things attitude knowledge and skills teachers are required to create a learning process that can develop these 3 things. One is that teachers can combine learning models with media to stimulate students critical thinking skills. One of learning models that can be implemented is Guided Discovery learning model. Guided Discovery learning model is a learning model takes priority on trying to search and self-finding. In learning process teacher does not present learning material in its intact product however students given by opportunity to look for and find by themselves with the teacher s guidance. This model emphasizes on learning process with experiment or practical work activities. The purpose of this model students will have learning process of transfer for long term in which it will stimulate their memory due to they conduct finding activity. The purpose of this research was to know the effect of Guided Discovery assisted map to the student critical thinking ability in the tenth graders towards Geography subject. This research involved 2 classes tenth graders of Mathematic and Natural Science-4 as experimental class with 33 students and tenth graders of Mathematic and Natural Science-5 as control class with 33 students. The research type was Quasi Experimen by using pretest-posttest Control Group Design. Critical thinking ability assessed by using 4 essay questions and performed by validity and reliability test. Data analysis in this research included normality test homogeneity test and hypothesis test using t-test. The research result showed that there was effect to the student critical thinking ability which found from average test result of critical thinking ability. In the pretest it was obtained score of 60.54 while in the posttest it was obtained score of 83.75. Therefore the difference between pretest and posttest score was 23.21. Based on the result above it could be concluded that Guided Discovery learning model assisted map able to improve student critical thinking ability in the tenth graders towards Geography subject.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53577

Actions (login required)

View Item View Item