Utama, Hyeoronimus Derry Rudolf Widya (2017) Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan berpikir spasial (spatial thinking skill) siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Lawang / Hyeoronimus Derry Rudolf Widya Utama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Utama Hyeoronimus Derry Rudolf Widya. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Spasial Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Lawang. Skripsi Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dwiyono Hari Utomo M.Pd M.Si. (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si. Kata Kunci Project Based Learning Keterampilan Berpikir Spasial Project Based Learning merupakan suatu model pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalaman dalam beraktivitas secara nyata. Proyek/tugas yang dihasilkan siswa dalam model pembelajaran ini nantinya harus terkait dengan solusi permasalahan. Kelebihan model Project Based Learning salah satunya mampu meningkatkan keterampilan siswa untuk berpikir spasial dimana siswa diharapakan mampu menyelesaikan proyek tersebut dengan melihat sekelilingnya apakah proyek tersebut berhubungan dengan sebuah lokasi dan apakah nantinya produk yang dihasilkan dari proyek siswa dapat bermanfaat bagi lokasi-lokasi lain. Hal ini dibutuhkan adanya kolaborasi sehingga siswa dapat bekerja sama dengan siswa lainnya untuk mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu penggunaan model Project Based Learning dalam kegiatan pembelajaran akan dapat mengasah keterampilan siswa dalam berpikir spasial. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan pengaruh model Project Based Learning terhadap keterampilan berpikir spasial siswa kelas XI IIS pada mata pelajaran Geografi. Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan menggunakan Pre test post test control group design dimana pada penelitian ini melibatkan dua kelas satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol. Subjek penelitian berjumlah 72 siswa yang dibagi ke dalam kelas eksperimen sebanyak 36 siswa dan kelas kontrol sebanyak 36 siswa. Kelas eksperimen diberikan perlakuan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah diskusi dan tanya jawab). Data penelitian ini diuji menggunakan uji-t dengan bantuan program SPSS for Windows. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif sehingga analisis datanya menggunakan metode statistik. Dalam analisisnya dilakukan uji prasyarat baru setelah itu melakukan uji hipotesis. Pengujian tersebut menggunakan taraf signifikan 0 05 dan analisis dilakukan dengan program SPSS. Hasil yang diperoleh adalah Sig. (2-tailed) 0 000 0 05 dan nilai rata-rata gain score kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol sehingga H0 ditolak dan menerima H1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan berpikir spasial siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Lawang. ABSTRACT Utama Hyeoronimus Derry Rudolf Widya. 2017. The influence of Model Learning Project Based Learning Towards Spatial Thinking Skill of Students Class XI IIS SMA Negeri 1 Lawang. Thesis Department Of Geography Of The FIS State University Of Malang. Supervisor (I) Dr. Dwiyono Hari Utomo M.Pd M.Si. Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si. Keyword Project Based Learning Spatial Thinking Skill Project Based Learning is a model that uses the issue as the first step in collecting and integrating new knowledge based on experience in the activity. Project that generated the students in learning future models should be linked to the solution of problems. Advantages of Project Based Learning model of one of them was able to increase the skills of the students to think spatially where students are expected be able to finish the project by looking at her do that project associated with a location and whether the later products resulting from projects students can be beneficial to other locations. This required the existence of a collaboration so that students can work together with other students in order to achieve that goal. Therefore the use of Project Based Learning in learning activities will be able to hone the skills of students in spatial thinking. This research was conducted to find out the influence model of Project Based Learning of spatial thinking skills against students of Class XI IIS on the subjects of geography. The method of this research is a research experiment of quasi (Quasi Experimental) using the Pre test post test control group design in which on this research involves two classes one as a group of experiments and the other as a control group. The subject of the study amounted to 72 students divided into as many as 36 student experiment class and grade control of as many as 36 students. Classroom experiments given treatment using a model of Project Based Learning (PjBL) whereas conventional learning control using classes (lectures discussion and FAQ). Research data was tested using t-test with the help of SPSS program for Windows. This research is quantitative research so that its data analysis using statistical methods. In analysis a new precondition test done after it tested the hypothesis. These tests use a standard of 0.05 and significant analysis performed with the SPSS program. The results obtained are the Sig (2-tailed) 0.000 0.05 And the average score gain of the experimental class is greater than the control class so that H0 is rejected and accepting H1. Thus it can be concluded that there is a learning model of influence of project based learning of spatial thinking skills against students of Class XI IIS SMA Negeri 1 Lawang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53576 |
Actions (login required)
View Item |