Parenting self-efficacy ibu terhadap perkembangan bahasa anak usia dini di Bustanul Athfal (BA) Restu 2 Kota Malang / Meria Dwi Anggita

Anggita, Meria Dwi (2019) Parenting self-efficacy ibu terhadap perkembangan bahasa anak usia dini di Bustanul Athfal (BA) Restu 2 Kota Malang / Meria Dwi Anggita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Anggita, Meria Dwi. 2018. Parenting Self-Efficacy Ibu Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Di Bustanul Athfal (BA) Restu 2 Kota Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Ahmad Mutadzakir, M. Pd ,(2) Dr. Endang Sri Redjeki, M. S. Kata Kunci: Parenting Self-Efficacy Ibu, Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Keluarga memiliki pengaruh yang besar bagi perkembangan dan pertumbuhan anak. Keluarga merupakan lembaga pertama yang dapat memenuhi kebutuhan individu. Melalui pengasuhan dan perawatan yang baik dari orang tua, anak dapat memenuhi kebutuhan fisik maupun psikologisnya. Kemampuan mengasuh juga disebut parenting self-efficacy. Parenting self-efficacy berasal dari teori self-efficacy Albert Bandura (dalam yaitu keyakinan seseorang terhadap kemampuannya dalam menjalankan perilaku atau mencapai tujuan tertentu. Parenting self-efficacy adalah perkiraan pribadi orang tua mengenai kompetensi mereka dalam peran sebagai orang tua atau persepsi mereka terhadap kemampuan mereka untuk mempengaruhi perilaku dan perkembangan anak-anak mereka secara positif (Coleman and Karraker, 2000). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan analisis data regresi linier berganda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya korelasional antara variabel satu dan lainnya, maka digunakan metode korelasional dalam penelitian. Populasi dari penelitian ini adalah orang tua di BA Restu 2 Kota Malang dengan jumlah 60 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana parenting self-fficacy seorang ibu terhadap perkembangan bahasa anak usia dini. Maka dari itu sampel yang diambil adalah sejumlah Ibu yang menjemput anak mereka di BA Restu 2 Kota Malang, yaitu 30 orang. Teknik analaisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji hipotesis data. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh positif secara signifikan antara disiplin (X1) terhadap perkembangan bahasa anak usia dini di BA Restu 2 sebesar 19,38%, achievement (X2) sebesar 17,14%, rekreasi (X3) sebesar 13,18%, nurturance (X4) sebesar 24,19%, health (X5) sebesar 16,86%. Terdapat pengaruh bersamaan antara variabel disiplin (X1), ahievement (X2), rekreasi (X3), nurturance (X4), dan health (X5) terhadap perkembangan bahasa anak usia dini di BA Restu 2. Saran dari penelitian ini bagi orang tua untuk memahami perkembangan anak yang berbeda-beda, menjaga ucapan di depan anak, memenuhi kebutuhan anak baik psikis maupun fisik. Melalui penelitian ini diharapkan peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian dengan topik serupa. Bagi lembaga,, sering komunikasikan atau konsultasikan perkembangan anak dengan orang tua dan memperbanyak media pembelajaran yang mampu mengembangkan bahasa anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5357

Actions (login required)

View Item View Item