Prastyaningsih, Sri Nanik (2017) Penerapan model problem based learning dengan memanfaatkan media facebook pada mata pelajaran geografi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IBB SMA Negeri 1 Gondanglegi / Sri Nanik Prastyaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Prastyaningsih Sri Nanik. 2016. Penerapan Model Problem Based Learning dengan Memanfaatkan Media Facebook pada Mata Pelajaran Geografi untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas X IBB SMA Negeri 1 Gondanglegi. Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Geografi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si (2) Drs. Sudarno Herlambang M.Si Kata Kunci Model Problem Based Learning Facebook Kemampuan Berfikir Kritis Pembelajaran di kelas tidak luput dari berbagai macam permasalahan. Salah satu permasalahan tersebut adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dibuktikan dengan siswa kurang aktif dalam bertanya menjawab menanggapi maupun menyanggah pertanyaan yang bersifat analisis. Penyebab timbulnya permasalahan tersebut dianalisis berdasarkan 4 (empat) aspek yaitu (1) aspek siswa (2) aspek guru (3) aspek sarana dan prasarana (4) aspek penerapan model pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas X-IBB adalah model pembelajaran yang diterapkan oleh guru belum mendukung tumbuhnya kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa kelas X-IBB dengan diterapkannya model Problem Based Learning dengan memanfaatkan media facebook pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 2 (dua) siklus. Setiap siklus melalui proses yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek yang menjadi sasaran penelitian adalah kelas X-IBB SMA Negeri 1 Gondanglegi dengan jumlah 25 siswa. Intrumen penelitian berupa soal essai tes kemampuan berpikir kritis. Analisis data dilakukan dengan mengukur kemampuan berpikir kritis berdasarkan ketuntasan belajar yang dipersentasekan pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang diketahui rata-rata nilai hasil tes kemampuan berpikir kritis. Pada siklus I rata-rata nilai adalah 72 70. Selanjutnya dilakukan tindakan siklus II dan rata-rata nilai adalah 83 12. Dengan demikian selisih rata-rata dari siklus I ke siklus II adalah 10 42 dan persentase peningkatan sebesar 12 5 %. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Penerapan Model Problem Based Learning dengan Memanfaatkan Media Facebook dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X-IBB pada mata pelajaran Geografi. Bagi pihak sekolah disarankan agar menganjurkan kepada guru geografi untuk menerapkan model Problem Based Learning ketika hendak mengajarkan materi yang sama dengan penelitian ini. Bagi guru geografi disarankan agar menerapkan model Problem Based Learning dengan memanfaatkan facebook untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Bagi peneliti lanjut disarankan agar mencoba menggabungkan antara model Problem Based Learning dengan facebook untuk kemampuan berpikir tingkat tinggi lainnya karena penyelidikan dalam PBL tidak hanya untuk kemampuan berpikir kritis. ABSTRACT Prastyaningsih Sri Nanik. 2016. Implementation of Problem Based Learning Model using Media Facebook On Geography Lesson To Improve Critical Thinking Ability Class X IBB State Senior High School 1 Gondanglegi. Thesis Geography Education Study Program Geography Department State University of Malang. Supervisor (1) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si (2) Drs. Sudarno Herlambang M.Si Keywords Problem Based Learning Model facebook Critical Thinking Ability Classroom learning does not escape a variety of problems. One of the problems is the low ability of critical thinking of the students. This is evidenced by the learning process that is still centered on the teacher (teacher center) so that students are less active in asking answering responding or refuting. Analysis of the cause of the problem is based on 4 (four) aspects namely (1) student aspect (2) aspects of teachers (3) aspects of facilities and infrastructure (4) aspects of application of learning model. Based on the analysis of factors causing the low ability of critical thinking of X-IBB class students it is known that the instructional model applied by the teacher is the main cause of the low ability of critical thinking. The aim of this research was to improve the critical thinking ability of X-IBB students by applying Problem Based Learning model using facebook media on geography subject. This research is kind of Class Action Research (PTK) which consist of 2 (two) cycles. Each cycle through a process consisting of 4 stages namely planning implementation of action observation and reflection. Subjects subjected to the study were X-IBB grade SMA Negeri 1 Gondanglegi with 25 students. The research instrument is essay of critical thinking skill test. Data analysis is done by measuring the ability of critical thinking based on the mastery of learning which is emphasized and measurement of improvement of students critical thinking ability in every cycle. The result of the research shows that there is an improvement of students critical thinking ability which is known to the average value of critical thinking skill test result. In cycle I the average value is 72.70. Next is the second cycle action and the average value is 83.12. Thus the average difference from cycle I to cycle II is 10.42 and the percentage increase is 12.5%. Based on this it can be concluded that the Implementation of model of Problem Based Learning Model using Facebook Media can improve critical thinking ability of X-IBB class student in geography subject. For the school it is suggested to encourage the geography teacher to apply the model of Problem Based Learning when to teach the same material with this research. For geography teachers it is suggested to apply Problem Based Learning model using facebook to improve students critical thinking ability. For advanced researchers it is advisable to try to combine the Problem Based Learning model with facebook for other high-level thinking skills because the investigation in PBL just not for critical thinking skills. KATA PENGANTAR Assalamu alaikum Wr.Wb Alhamdulillah puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT yang Maha Kuasa. Alhamdulillah atas segala Rahmat dan Hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul Penerapan Model Problem Based Learning dengan Memanfaatkan Media Facebook pada Mata Pelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas X IBB SMA Negeri 1 Gondanglegi dengan baik dan tepat waktu. Kesuksesan penyusunan skripsi ini tidak lepas dari peran dukungan bimbingan kerjasama motivasi dan do a dari berbagai pihak. Pada kesempatan kali ini penulis dengan tulus mengucapkan banyak terimakasih kepada 1.Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si selaku pembimbing I yang telah sabar dan ikhlas dalam membimbing memberikan bantuan pemikiran masukan dan saran-saran hingga terselesaikan skripsi ini. 2.Drs. Sudarno Herlambang M.Si selaku pembimbing II yang telah banyak memberikan motivasi dan ikhlas dalam membimbing serta masukan dalam penyusunan skripsi ini. 3.Dr. Ach. Amirudin M.Pd selaku dosen penguji utama yang telah banyak memberikan masukan dalam penyempurnaan skripsi ini. 4.Dr. Singgih Susilo M.S M.Si selaku Ketua Jurusan Geografi yang telah memberikan ijin dan dukungan berupa fasilitas hingga terselesainya penyusunan skripsi. 5.Prof. Dr. Sumarmi M.Pd selaku dekan Fakultas Ilmu Sosial yang telah memberikan ijin terlaksananya penulisan skripsi ini. 6.Orang tua tercinta Bapak Djaelani dan Ibu Sulianah yang senantiasa memotivasi dan mendoakan penulis untuk menjadi lebih baik dan menjadi penyemangat hidup penulis. Terimakasih untuk segenap do a dan segalanya yang selalu mengiringi setiap langkah keberhasilan penulis. 7.Segenap bapak/ibu dosen Geografi yang telah banyak memberikan pengetahuan selama penulis menimba ilmu di Universitas Negeri Malang dan segenap staf Fakultas Ilmu Sosial yang telah banyak membantu selama ini. 8.Kepala SMA Negeri 1 Gondanglegi yang telah memberikan ijin untuk melaksanakan penelitian dari awal hingga akhir. 9.Kuswadi S.Pd selaku bapak guru Geografi SMA Negeri 1 Gondanglegi yang telah banyak membantu kelancaran terlaksananya penelitian ini. 10.Generasi Emas X Bahasa yang telah banyak membantu peneliti baik secara langsung maupun tidak langsung untuk kelancaran terlaksananya penelitian. 11.M. Wahyudi Prasojo S.Pd selaku guru model dan teman dekat yang telah banyak memberikan motivasi dukungan bantuan serta semangat yang tiada henti dalam penyelesaian skripsi. 12.Kakak tercinta penulis yaitu Totok Supriyanto Islamiyah (Almh) Umi Ana Suwarto Wawan Heri dan Ririn Kustiani yang selalu memberikan doa dan semangat kepada penulis untuk terus belajar dan meraih keberhasilan. 13.Adik tercinta penulis yaitu Edi Nugraha Hanif Nugraha Linda Nur Laila dan Fadilah Azmi Az-Zahra yang selalu memberi semangat dalam menyelesaikan skripsi. 14.Rekan rekan observer Eneng Erna Aida Izzul Imah Widya Pranata Hafsah Wahyu dan Maslakhatun Khafidoh yang telah banyak membantu pelaksanaan kegiatan di kelas. 15.Teman se-bimbingan Widya Pranata Ahmad Rohmatuloh Ari Enggar dan Ira yang telah berkenan untuk saling bertukar informasi dan memberi semangat. 16.Sahabat peneliti yaitu Ulfa Nurul Hasanah dan Wiwik Chamidah yang selalu memberikan do a semangat dan dukungan yang tiada henti dalam penyelesaian skripsi. 17.Teman se-kontrakan yaitu Ita Iftitah dan May Kuratun Saputri yang telah banyak membantu peneliti baik secara langsung maupun tidak langsung dalam penyelesaian skripsi. 18.Keluarga besar Jurusan Geografi angkatan 2013 khususnya Offering K 2013 yang telah menjadi keluarga penulis dan selalu memberikan kritik saran semangat dan kebersamaan 19.Semua pihak terkait yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu dan telah membantu penulis dalam menyelesaikan skripsi ini. Semoga kebaikan yang diberikan oleh semua pihak menjadi amal sholeh dan mendapat balasan dari Allah Subhanahu wa Ta ala. Aamiin. Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih banyak terdapat kekurangan dan jauh dari kesempurnaan karena keterbatasan peneliti. Oleh sebab itu kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat diharapkan. Semoga skripsi ini dapat bermanfaat khususnya dalam dunia pendidikan. Wassalamua alaikum Wr.Wb DAFTAR ISI ABSTRAK i KATA PENGANTAR ii DAFTAR ISI v DAFTAR TABEL vii DAFTAR GAMBAR viii DAFTAR LAMPIRAN ix BAB I PENDAHULUAN A.Latar Belakang 1 B.Rumusan Masalah 7 C.Manfaat Penelitian 8 D.Definisi Perasional8 BAB II KAJIAN PUSTAKA A.Kemampuan Berpikir Kritis 10 1.Hakikat Kemampuan Berpikir Kritis10 2.Indikator Kemampuan Berpikir Kritis 12 B.Model Problem Based Learning dengan Facebook 14 1.Konsep Model Problem Based Learning dengan Facebook 14 2.Kelebihan dan Kekurangan Model Problem Based Learning dengan Memanfaatkan Facebook 16 3.Tahapan Model Problem Based Learning dengan Memanfatkan Facebook 18 C.Dinamika Atmosfer dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Manusia sebagai Sub Materi Pembelajaran Geografi 22 1.Dinamika Atmosfer dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Manusia 22 2.Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Memanfaatkan Facebook Pada Sub Materi Dinamika Atmosfer dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Manusia 23 D.Pembelajaran Geografi Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Facebook Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa 23 BAB III METODE PENELITIAN A.Rancangan Penelitian 27 B.Lokasi dan Subjek Penelitian28 C.Peran Peneliti di Lapangan 28 D.Prosedur Pengumpulan Data 28 E.Analisis Data29 BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A.Paparan Data Pelaksanaan Tindakan 31 1.Pelaksanaan Tindakan Siklus I31 2.Pelaksanaan Tindakan Siklus II 50 B.Paparan Data Hasil Kemampuan Berpikir Kritis60 1.Kemampuan Berpikir Kritis Siklus I60 2.Kemampuan Berpikir Kritis Siklus II63 CAnalisis Data66 D.Temuan Penelitian 67 E.Pembahasan 68 BAB V PENUTUP A.Kesimpulan 72 B.Saran 72 DAFTAR PUSTAKA 74 LAMPIRAN77 DAFTAR TABEL Halaman 2.1 Indikator Kemampuan Berpikir Kritis 13 2.2 Sintaks Model Problem Based Learning (PBL) 19 3.1 Kualifikasi Kemampuan Berpikir Kritis 30 4.1 Distribusi Frekuensi Nilai Hasil Kemampuan Berpikir Kritis Siklus I62 4.2 Distribusi Frekuensi Nilai Hasil Kemampuan Berpikir Kritis Siklus II64 4.3 Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Siklus I dan II66 DAFTAR GAMBAR Halaman 3.1 Langkah-Langkah Penelitian Tindakan Kelas 27 4.1 Grup Facebook Sepuluh Bahasa 33 4.2 Anggota Grup Facebook X Bahasa Mapel Geografi 35 4.3 File Materi Atmosfer yang Dibagikan di Grup 36 4.4 Guru Menampilkan Slide Tentang Lapisan Atmosfer 37 4.5 Siswa yang Menanggapi Pertanyaan Guru 38 4.6 Kelompok Berdiskusi Menentukan Hipotesis 40 4.7 Aplikasi yang Digunakan Untuk Pengukuran 41 4.8 Guru Membimbing Kelompok Melakukan Simulasi Alat 41 4.9 Kegatan Pengukuran Suhu dan Kelembaban 42 4.10 Hasil Pengukuran Suhu dan Kelembaban Kelompok 143 4.11 Perwakilan Kelompok Menyampaikan di Depan Kelas 45 4.12 Kegiatan Diskusi Online di Facebook 47 4.13 Kegiatan Refleksi Siklus I49 4.14 Guru Menjelaskan Langkah dan Tujuan Pembelajaran 52 4.15 Siswa Duduk Berkelompok 53 4.16 Guru Membimbing Penyelidikan Kelompok 54 4.17 Kegiatan Wawancara Kelompok 2 55 4.18 Perwakilan Kelompok Menyampaikan Kendala yang Ditemui Saat Wawancara 56 4.19 Kegiatan Refleksi Siklus II 59 4.20 Pelaksanaan Tes Kemampuan Berpikir Kritis Siklus I 61 4.21 Grafik Hasil Kemampuan Berpikir Kritis Siklus I 62 4.22 Tes Kemampuan Berpikir Kritis Siklus II 64 4.23 Grafik Hasil Kemampuan Berpikir Kritis Siklus II 65 4.24 Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siklus I dan II 66 DAFTAR LAMPIRAN Halaman 1.Hasil Wawancara untuk Observasi Awal77 2.Daftar Nama Siswa Kelas X Bahasa SMAN 1 Gondanglegi 78 3.Silabus Pembelajaran Geografi Kelas X 79 4.Pembagian Kelompok Kelas X Bahasa 84 5.Panduan Penyelidikan Kelompok 85 6.Lembar Keterlaksanaan Model PBL Siklus I 86 7.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus I 88 8.Kisi-Kisi Soal Tes Siklus I 95 9.Pedoman Penilaian Tes Kemampuan Berpikir Kritis Siklus I 103 10.Soal Tes Kemampuan Berpikir Kritis Siklus I 107 11.Jawaban Tes Kemampuan Berpikir Kritis Siklus I 110 12.Hasil Pengukuran Suhu dan Kelembaban Siklus I 112 13.Hasil Observasi Siklus I 115 14.Lembar Keterlaksanaan Model PBL Siklus II 127 15.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus II 129 16.Kisi-Kisi Soal Tes Siklus II 134 17.Pedoman Penilaian Tes Kemampuan Berpikir Kritis Siklus II 139 18.Soal Tes Kemampuan Berpikir Kritis Siklus II 142 19.Jawaban Tes Kemampuan Berpikir Kritis Siklus II 145 20.Pameran Hasil Wawancara Siklus II 147 21.Hasil Observasi Siklus II 148 22.Nilai Tes Kemampuan Berpikir Kritis Siklus I dan II160 23.Surat Ijin Penelitian Fakultas Ilmu Sosial 161 24.Surat Ijin Penelitian BAKESBANGPOL162 25.Surat Ijin Penelitian Dinas Pendidikan Kabupaten Malang 163 26.Surat Pernyataan Selesai Penelitian 164
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53569 |
Actions (login required)
View Item |