Handayani, Fidyah Yuniarti (2017) Pengembangan komik model Scott McCloud topik migrasi penduduk untuk siswa SMA / Fidyah Yuniarti Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Handayani Fidyah Yuniarti. 2017. Pengembangan Komik Model Scott MCCloud Topik Migrasi Penduduk Untuk Siswa SMA. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Budi Handoyo M.Si (II) Drs. Hendri Purwito M.Si Kata Kunci Komik Model Scott MCCloud Migrasi Penduduk Siswa memiliki kecerdasan dan minat baca yang berbeda. Kecerdasan meliputi kecerdasan visual dan verbal. Kecerdasan visual merupakan gaya belajar yang menggunakan gambar sedangkan kecerdasan verbal merupakan gaya belajar yang menggunakan buku text. Minat baca siswa yang memiliki kecerdasan visual akan rendah karena siswa yang memiliki kecerdasan visual akan sulit memahami materi yang berupa text. Siswa tidak hanya membutuhkan buku yang berisi mengenai pelajaran namun juga memerlukan informasi yang untuk dipelajari. Salah satu materi yang ada di kelas XII yaitu topik migrasi penduduk. Materi migrasi penduduk merupakan materi yang kompleks dalam kehidupan sehari-hari. Namun siswa masih belum bisa membedakan macam-macam migrasi penduduk. Siswa hanya beranggapan bahwa orang yang melakukan bepergian disebut dengan migrasi penduduk. Salah satu media yang mampu menarik minat siswa untuk membaca dibutuhkan buku cerita bergambar misalnya komik. Komik model Scott MCCloud memliki kelebihan menampilkan karakter tokoh yang lebih tegas dan memiliki alur cerita yang runtut dan teratur sehingga memudahkan untuk diingat kembali. Sehingga muncul gagasan untuk menggabungkan antara daya tarik komik penampilannya menarik alurnya runtut dan mudah dipahami. Hal ini mendorong siswa berminat untuk membacanya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan komik model Scott MCCould topik migrasi penduduk untuk siswa SMA. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Thiagarajan yang mana pengembangan prosedural yang bersifat deskriptif dengan menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Tahapan tersebut yaitu analisis materi perumusan tujuan desain media produksi prototipe media validasi revisi uji coba produk revisi dan produk akhir. Setelah produk dinyatakan valid dilakukan uji coba lapangan pada 30 siswa kelas XI IIS 1 MAN Kota Batu. Berdasarkan validasi ahli media bahasa dan materi terdapat hasil dari validasi ahli media yaitu secara keseluruhan media komik ini sudah valid namun masih perlu adanya perbaikan pada cover depan yaitu nama pengarang dan logo. Hasil validasi dari ahli media yaitu kalimat awal bahasanya masih membingungkan dan dilakukan untuk merevisi. Hasil materi secara umum dari segi materi sudah valid dan sudah baik serta runtut serta dikaitkan dengan fenomena sehari-hari namun pada halaman delapan masih perlu adanya perbaikan. Hasil yang diperoleh siswa lebih tertarik dengan buku komik dari pada hanya buku text saja namun dari kritik dan saran siswa akan lebih menarik apabila dalam pencetakan gambar komik dicetak dengan warna.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53564 |
Actions (login required)
View Item |