Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar geografi kelas X IPS-2 di SMA Negeri 2 Malang / Inwainatul Kunainah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar geografi kelas X IPS-2 di SMA Negeri 2 Malang / Inwainatul Kunainah

Kunainah, Inwainatul (2017) Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar geografi kelas X IPS-2 di SMA Negeri 2 Malang / Inwainatul Kunainah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kunainah Inwainatul. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Kelas X IPS-2 di SMA Negeri 2 Malang. Skripsi. Jurusan Geografi. Fakultas Ilmu Sosial (FIS). Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Budi Handoyo M.Si (II) Ardyanto Tanjung S.Pd M.Pd. Kata Kunci Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Hasil Belajar Geografi. Penggunaan model pembelajaran yang tepat dengan materi yang diberikan kepada peserta didik sangat membantu dalam proses belajar di dalam kelas. Terciptanya kegiatan pembelajaran yang menarik efektif dan efisien sangat berpengaruh terhadap upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik. Wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti dilaksanakan pada tanggal 17 September 2016 di kelas X IPS-2 SMA Negeri 2 Malang. Hasil wawancara dan observasi yaitu beberapa peserta didik mengalami kesulitan belajar dan aktifitas belajar peserta didik di dalam kelas kurang efektif dan efisien. Hal ini disebabkan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru belum berhasil. Buktinya saat kegiatan proses pembelajaran berlangsung ditemukan peserta didik yang masih mengalami kebingungan dalam memahami materi dan tugas yang diberikan. Hasil belajar peserta didik rendah di kelas tersebut disebabkan adanya dua faktor yaitu internal dan eksternal. Tujuan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar geografi peserta didik kelas X IPS-2. Sub bab materi yang dipelajari di kelas tersebut saat penelitian yaitu tentang siklus hidrologi persebaran dan pemanfaatan biota laut serta pencemaran dan upaya konservasi perairan laut. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan mulai dari tanggal 18 Maret sampai 8 April 2017. Penelitian ini terdiri dari empat tahap dianataranya perencanaan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana masing-masing siklus diadakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas X IPS-2 yang berjumlah 33 peserta didik Semester Genap Tahun ajaran 2016/2017. Kelas X IPS-2 di SMA Negeri 2 Malang sudah menggunakan Kurikulum 2013 (K13) dan silabus hasil revisi Tahun 2016. Pengumpulan data hasil belajar geografi peserta didik diperoleh dari hasil tes yang diadakan setiap akhir siklus. Selanjutnya membandingkan antara hasil belajar siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran geografi materi hidrosfer. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu hasil belajar pra siklus pada nilai rata-rata sebesar 65 8% siklus I pada nilai rata-rata sebesar 66 75% dan siklus II pada nilai rata-rata sebesar 82 1%. Peningkatan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan terjadi pada siklus II. Temuan yang diperoleh diantaranya dari siklus I yaitu hasil belajar peserta didik belum secara menyeluruh mengalami peningkatan dan siklus II hasil belajar peserta didik sudah bisa mengalami peningkatan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) yang diterapkan di kelas X IPS-2 SMA Negeri 2 Malang mampu meningkatkan hasil belajar geografi peserta didik pada sub bab materi hidrosfer. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat diketahui dari hasil analisis data yang dilakukan. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan secara signifikan dari siklus I dan siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53561

Actions (login required)

View Item View Item