Pengaruh model pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir kreatif geografi peserta didik kelas XI IPS di SMAN 1 Sutojayan Blitar / Gregoria Englin Paskayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir kreatif geografi peserta didik kelas XI IPS di SMAN 1 Sutojayan Blitar / Gregoria Englin Paskayanti

Paskayanti, Gregoria Englin (2017) Pengaruh model pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir kreatif geografi peserta didik kelas XI IPS di SMAN 1 Sutojayan Blitar / Gregoria Englin Paskayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Paskayanti Gregoria Englin. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery TerhadapKemampuan Berfikir Kreatif Geografi Peserta Didik Kelas XI IPS SMAN 1 Sutojayan Kab. Blitar Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si (II) Drs. Hendri Purwito M.Si Kata Kunci Model Pembelajaran Discovery Kemampuan Berfikir Kreatif Pembelajaran saat ini berpusat pada kegiatan peserta didik. Peserta didik dituntut untuk mampu menyelidiki dan menarik kesimpulan berdasarkan temuan yang diperoleh. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya penerapan model pembelajaran discovery. Model pembelajaran discovery menuntut peserta didik untuk terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Selain peserta didik dituntut aktif dalam pembelajaran model discovery juga mengarah pada kemampuan berfikir tingkat tinggi salah satunya adalah berfikir kreatif. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery terhadap kemampuan berfikir kreatif geografi peserta didik kelas XI IPS di SMAN 1 Sutojayan Kab. Blitar. Penelitian ini dirancang menggunakan eksperimen semu dengan posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah nilai kemampuan berfikir kreatif. Instrumen penelitian ini terdiri dari 4 soal essai yang telah diuji sebelumnya menggunakan validitas. Analisis data yang digunakan adalah Independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil Penelitian menujukkan bahwa nilai sig (2-tailed) adalah 0.44

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53560

Actions (login required)

View Item View Item