Perbandingan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis outdoor study dan project based learning (PjBL) terhadap penerapan konsep geografi kelas X IPS SMA Brawijaya Smart School / Chossya Lailiyatul Mufattakha <BR> <BR> - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis outdoor study dan project based learning (PjBL) terhadap penerapan konsep geografi kelas X IPS SMA Brawijaya Smart School / Chossya Lailiyatul Mufattakha <BR> <BR>

Mufattakha, Chosyya Lailiyatul (2017) Perbandingan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis outdoor study dan project based learning (PjBL) terhadap penerapan konsep geografi kelas X IPS SMA Brawijaya Smart School / Chossya Lailiyatul Mufattakha <BR> <BR>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mufattakha Chosyya L. 2017. Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Outdoor Study terhadap Penerapan Konsep Geografi Kelas X IPS SMA Brawijaya Smart School. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Didik Taryana M.Si. (2) Drs. Sudarno Herlambang M.Si. Kata Kunci problem based learning outdoor study project based learning penerapan konsep geografi Problem Based Learning berbasis outdoor study dan Project Based Learning merupakan suatu model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan penerapan konsep geografi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis outdoor study dan Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan penerapan konsep geografi peserta didik kelas X IPS SMA Brawijaya Smart School. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui mana yang lebih tinggi nilai kemampuan penerapan konsep geografi peserta didik kelas X IPS SMA Brawijaya Smart School. Rancangan penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu yaitu posttest control group a design dengan dua kelas eksperimen. Kelas eksperimen 1 (X-IPS 6) mendapat perlakukan model Problem Based Learning berbasis outdoor study dan kelas eksperimen 2 (X-IPS 5) mendapat perlakukan model pembelajaran Project Based Learning. Instrumen penelitian berupa soal essai tes kemampuan penerapan konsep geografi yang diberikan setelah pemberian perlakukan model pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eskperimen 1 memiliki rata-rata kemampuan penerapan konsep geografi sebesar 84 48 dan kelas eksperimen 2 sebesar 81 84. Hasil analisis signifikansi dengan menggunakan uji t menunjukkan nilai sebesar 0 008. Jadi nilai signifikansi 0 008 0 025 maka H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan penerapan konsep geografi menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis outdoor study dan Project Based Learning dan nilai kemampuan penerapan konsep menggunakan model Problem Based Learning berbasis outdoor study lebih tinggi dibandingkan Project Based Learning terhadap penerapan konsep geografi kelas X IPS SMA Brawijaya Smart School. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis outdoor study dan Project Based Learning (PjBL) untuk mengukur kemampuan penerapan konsep geografi. Bagi pihak sekolah diharapkan dapat mElengkapi fasilitas seperti Thermometer dan Hygrometer. Bagi guru disarakan untuk lebih disiplin dalam mengestimasi waktu. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan model PBL berbasis outdoor study dan PjBL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53556

Actions (login required)

View Item View Item