Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan fieldwork terhadap keterampilan metakognitif siswa kelas XI pada materi Lingkungan Hidup SMA / Mohammad Wahyudi Prasojo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan fieldwork terhadap keterampilan metakognitif siswa kelas XI pada materi Lingkungan Hidup SMA / Mohammad Wahyudi Prasojo

Prasojo, Mohammad Wahyudi (2017) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan fieldwork terhadap keterampilan metakognitif siswa kelas XI pada materi Lingkungan Hidup SMA / Mohammad Wahyudi Prasojo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prasojo Wahyudi. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Fielwork Terhadap Keterampilan Metakognitif Siswa Kelas XI Pada Materi Lingkungan Hidup SMA. Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi Program Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sudarno Herlambang M.Pd. (2) Drs. Rudi Hartono M.Pd. Kata Kunci Model Inkuiri Terbimbing dengan Fieldwork Keterampilan Metakognitif Model pembelajaran yang efektif digunakan salah satunya adalah inkuiri terbimbing dengan fiedwork (ITFW). ITFW akan memaksimalkan proses pembelajaran karena guru dapat membimbing siswa untuk melakukan penyelidikan berdasarkan panduan yang telah diberikan. Dengan demikian metakognitif siswa akan terbentuk apabila mereka mampu merancang sendiri strategi pemecahan masalah. Metakognitif tersebut akan mempercepat efisiensi belajar terutama dalam pembelajaran yang berdasarkan pengalaman langsung melalui field work. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran dengan ITFW terhadap keterampilan metakognitif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dan XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah pretest sebanyak 5 butir soal essai dan postest menggunakan tagihan laporan ilmiah sederhana. Analisis data yang dilakukan melalui uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan (independent sample t test). Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan antara tingkat keterampilan metakognitif siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dilihat dari nilai signifikasi Uji t 0 000 0 05 dan perhitungan rata-rata gain score kelas eksperimen lebih tinggi (32 00) dibanding kelas kontrol (19 00). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan fieldwork memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan metakognitif siswa kelas XI IPS SMAN 1 Sukodadi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53552

Actions (login required)

View Item View Item