Identifikasi kesulitan guru geografi SMA di Kota Batu dalam merencanakan, menerapkan, dan mengevaluasi pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi / Andini Arum Dani - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi kesulitan guru geografi SMA di Kota Batu dalam merencanakan, menerapkan, dan mengevaluasi pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi / Andini Arum Dani

Dani, Andini Arum (2017) Identifikasi kesulitan guru geografi SMA di Kota Batu dalam merencanakan, menerapkan, dan mengevaluasi pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi / Andini Arum Dani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dani Andini Arum. 2017. Identifikasi Kesulitan Guru Geografi SMA di Kota Batu dalam Merencanakan Menerapkan dan Mengevaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Edisi Revisi. Skripsi Jurusan Geografi. Fakultas Ilmu sosial. Uniedisitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Yusuf Suharto M.Pd (II) Purwanto S.Pd M.Si. Kata Kunci kesulitan guru perencanaan pembelajaran penerapan pembelajaran mengevaluasi pembelajaran K13 edisi revisi. Kesulitan yang dialami guru geografi SMA di Kota Batu dalam perencanaan penerapan dan evaluasi pembelajaran yaitu menganalisis silabus untuk membuat RPP penerapan saintific approach dan membuat penilaian sikap kepada peserta didik. Hal tersebut disebabkan karena pergantian kurikulum secara mendadak sehingga menyebabkan kurang adanya pemahaman guru dalam penerapan kurikulum 2013 edisi revisi. Berkaitan dengan itu maka diperlukan penelitian mengenai identifikasi kesulitan guru geografi SMA di Kota Batu dalam merencanakan menerapkan dan mengevaluasi pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kesulitan guru geografi dalam merencanaan menerapkan dan mengevaluasi pembelajaran. Faktor penyebab guru mengalami kesulitan dalam merencanakan menerapkan dan mengevaluasi pembelajaran serta upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kesulitan dalam pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data dengan menggunakan perhitungan persentase menggunakan rumus dan tabulasi. Variabel dalam penelitian ini adalah kesulitan guru geografi dalam perencanaan penerapan dan evaluasi pembelajaran dan faktor penyebab guru mengalami kesulitan dalam perencanaan penerapan dan evaluasi pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi baik dari guru pemerintah dan siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah guru geografi di 14 sekolah dengan jumlah responden 16 orang. Hasil penelitian merencanakan bahwa sebesar 63 64% guru cukup mengalami kesulitan. Penerapan pembelajaran 50% guru cukup mengalami kesulitan. Sedangkan kesulitan guru dalam evaluasi pembelajaran 37 5 % mengalami kesulitan. Faktor penyebab guru kesulitan dalam penerapan kurikulum 2013 edisi revisi yaitu dari pihak pemerintah kurangnya buku pegangan untuk guru dan siswa. Pihak sekolah kurang memiliki sarana dan prasarana yang lengkap sedangkan faktor penyebab dari siswa yaitu karakteristik siswa yang beragam yang mengakibatkan guru kesulitan dalam penilaian sikap yang berbentuk predikat atau deskripsi sehingga dalam penerapan kurikulum 2013 edisi revisi kurang optimal. Saran untuk mengatasi kesulitan yang dialami guru geografi dalam perencanaan penerapan dan evaluasi pembelajaran yaitu Peran aktif guru geografi perlu ditingkatkan dalam menghadiri kegiatan MGMP Lesson Study atau workshop. Hal ini untuk membahas cara mengajar terkait kurikulum 2013 edisi revisi sehingga pembentukan kompetensi dan karakter siswa dapat tercapai. ABSTRACT Dani Andini Arum . 2017. Identification of High School Geography Teachers Difficulties in Batu Planning Implementing and Evaluating Learning Based on Curriculum 2013 Revised Edition. Skripsi Department of Geography. Faculty of Social Science. Malang State Uniedisity. Supervisor (I) Drs.Yusuf Suharto M. Pd (II) Purwanto S.Pd M.Si. Keywords Difficulty Master Planning Learning Learning Implementation Evaluation of Learning K13 revised edition. Difficulties experienced high school geography teacher in Batu city in the planning implementation and evaluation of learning is to analyze the syllabus to make lesson plans saintific implementation approach and make an assessment of the attitude of the students. This was due to a sudden change of curriculum causing lack of understanding of teachers in the implementation of the revised curriculum in 2013. Accordingly it is necessary to research on the identification of difficulties high school geography teacher in Batu city in planning implementing and evaluating learning based on curriculum 2013 revised edition. The purpose of this study is to know the difficulties of the plan for an geography teacher implement and evaluate learning. Causes teachers have difficulty in planning implementing and evaluating the learning as well as the efforts made by rcome difficulties in learning based on curriculum 2013 revised edition. The design of this research is descriptive quantitative. The research instrument used a questionnaire to collect data. Data analysis techniques using percentage calculations using formulas and tabulation. The variable in this study is the difficulty geography teacher in the planning implementation and evaluation of learning and teacher factors causing difficulties in the planning implementation and evaluation of learning based on curriculum 2013 revised edition from teachers government and students. The population in this study is geography teachers in 14 schools with the number of respondents 16 people. The results of the research plan that amounted to 63.64% of teachers have enough trouble. 50% of teachers teaching the application of enough trouble. While the difficulties of teachers in the learning evaluation 37.5% experienced difficulty. Factors causing difficulties in implementing curriculum teachers 2013 revised edition of the government namely the lack of a handbook for teachers and students. The school lacked a complete infrastructure while the causes of students is diverse student characteristics resulting in difficulty in the assessment of the attitude of teachers in the form of the title or description so in the application of the revised curriculum in 2013 is less than optimal. Suggestions for overcoming the difficulties experienced geography teacher in the planning implementation and evaluation of the role of active learning that geography teacher needs to be improved in attending MGMPs activities lesson study or workshop. It is to discuss how to teach the curriculum related to the revised 2013 edition so that the formation of the competence and character of students can be achieved.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53550

Actions (login required)

View Item View Item