Penerapan pembelajaran discovery untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran Geografi dalam pokok bahasan Lingkungan Hidup dan Pembangunan Wilayah Berkelanjutan di SMAN 1 Singosari Kab. Malang / Tantio Kuswari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran discovery untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran Geografi dalam pokok bahasan Lingkungan Hidup dan Pembangunan Wilayah Berkelanjutan di SMAN 1 Singosari Kab. Malang / Tantio Kuswari

Kuswari, Tantio (2017) Penerapan pembelajaran discovery untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran Geografi dalam pokok bahasan Lingkungan Hidup dan Pembangunan Wilayah Berkelanjutan di SMAN 1 Singosari Kab. Malang / Tantio Kuswari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kuswari Tantio. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pealajaran Geografi Dalam Pokok Bahasan Lingkungan Hidup Dan Pembangunan Wilayah Berkelanjutan DI SMAN 1 Singosari Kab. Malang . Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Hendri Purwito M.Si (II) Dra. Yuswanti A.W. M.Si. Kata Kunci Model Pembelajaran Discovery Learning Kemampuan Berpikir Kritis. Pembelajaran di kelas XI IPS C SMAN 1 Singosari diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Hal ini dibuktikan dari 42 siswa hanya 8 siswa yang aktif bertanya dan memberikan argumen pada saat guru mengajukan pertanyaan pada siswa. Kemampuan siswa dalam merumuskan masalah mengumpulkan data yang berkaitan dengan permasalahan yang ada dan menganalisis data yang diperoleh masih rendah. Guru mata pelajaran Geografi masih menggunakan metode ceramah dalam mengajar dan pembelajaran di kelas masih berpusat pada guru. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai. Berkaitan dengan hal tersebut salah satu model pembelajaran yang sesuai adalah model Discovery yang membantu cara belajar siswa lebih aktif dengan menemukan sendiri menyelidiki sendiri melalui permasalahan yang ada di lingkungan sekitar. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Singosari Kabupaten Malang dengan subjek siswa kelas XI IPS C yang berjumlah 42 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus masing - masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan soal tes kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 68 95 dan rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus II sebesar 78 14 terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 9 19 atau peningkatan 13 32% dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas XI IPS C SMAN 1 Singosari Kabupaten Malang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikemukakan saran sebagai berikut 1.) bagi guru Geografi diharapkan dapat menerapkan model pembelajaran Discovery Learning sebagai alternatif model yang bisa digunakan guna memacu siswa untuk berpikir kritis 2.) bagi sekolah diharapkan menjadi salah satu bahan pertimbangan untuk menghimbau guru untuk menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dalam usaha meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa serta mutu sekolah. ABSTRACT Kuswari. Tantio 2017. Application of Learning Model Discovery Learning To Improve Critical Thinking Skills Student Class XI IPS At Pealajaran Mata Geography In Highlights Environment And Sustainable Regional Development DI SMAN 1 Singosari district. Malang. Thesis Department of Geography Education Department of Geography Faculty of Social Sciences State University of Malang Advisor (I) Drs. Hendri Purwito M.Si (II) Dra. Yuswanti A.W. M.Si Keywords Learning Model Discovery Learning Critical Thinking Skills Learning in class XI IPS SMAN 1 Singosari C is known that the critical thinking skills of students is still low. This is evidenced from 42 students only 8 students were active in asking and giving arguments when the teacher asked a question on the students. Students ability to define problems collect data relating to the existing problems and analyze the data obtained is still low. Geography teachers still use the lecture method in teaching and learning in the classroom is teacher-centered. One way to improve students critical thinking skills is by applying appropriate learning model. In this regard one model of learning is suitably Discovery models that help students learn how to be more active to find themselves to investigate itself through the existing problems in the neighborhood. This research was conducted at SMAN 1 Singosari Malang with the subject of class XI IPS C totaling 42 students. This study includes classroom action research (classroom action research) consisting of two cycles each - each cycle consisting of two meetings. Data collection techniques critical thinking ability of students to use critical thinking skills test questions students. The purpose of this study is to improve students critical thinking skills by applying the learning model Discovery Learning. The results showed that the critical thinking skills of students has increased from the first cycle to the second cycle. The average test results of students critical thinking skills in the first cycle of 68.95 and the average test students critical thinking skills in the second cycle of 78.14 an increase from the first cycle to the second cycle of 9.19 and a percentage increase in 13 32% thus it can be concluded that the Discovery learning model can improve critical thinking skills of students in class XI IPS C SMAN 1 Singosari Malang. Based on these results it can be put forward suggestions as follows 1.) For teachers of Geography is expected to apply the learning model Discovery Learning as an alternative model that could be used in order to stimulate students to think critically 2.) for schools expected to be one consideration to urge teachers to implement learning model Discovery learning in an effort to improve students critical thinking skills as well as the quality of schools.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53548

Actions (login required)

View Item View Item