Pengaruh model pembelajaran service learning terhadap kemampuan berpikir kritis materi mitigasi bencana pada peserta didik kelas X IPS SMA / Siti Nabilah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran service learning terhadap kemampuan berpikir kritis materi mitigasi bencana pada peserta didik kelas X IPS SMA / Siti Nabilah

Nabilah, Siti (2017) Pengaruh model pembelajaran service learning terhadap kemampuan berpikir kritis materi mitigasi bencana pada peserta didik kelas X IPS SMA / Siti Nabilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nabilah Siti. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Service Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Mitigasi Bencana Pada Peserta didik Kelas X IPS SMA. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Yusuf Suharto M.Pd (II) Drs. Sudarno Herlambang M.Si. Kata Kunci Service learning berpikir kritis Pemilihan model pembelajaran yang sesuai dapat memberikan peluang keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat dipilih guru untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis adalah service learning. Kelebihan model pembelajaran service learning mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis berkomunikasi kepedulian leadership membangun teamwork dan interaktif selama proses pembelajaran. Penggunaan model service learning disesuaikan dengan materi yang menghubungkan pembelajaran dengan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga diharapkan peserta didik dapat mengambil pelajaran dari pengalaman yang mereka temukan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran service learning terhadap kemampuan berpikir kritis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) menggunakan desain Pretest-posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas X IPS 6 N2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 6 O2 sebagai kelas kontrol. Pengukuran kemampuan berpikir kritis menggunakan 5 soal essai yang dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data meliputi uji normalitas homogenitas dan uji hipotesis menggunakan perhitungan uji t atau Independent Sample T-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran service learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X IPS SMA. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis lebih tinggi. Nilai tersebut diperoleh dari penerapan sintak model pembelajaran service learning yaitu action (pelaksanaan) di kelas eksperimen. Pada sintak ini terlihat peserta didik aktif dalam bertindak dan tanggap dengan situasi sekitar. Cara belajar yang seperti ini memberikan pengaruh langsung kepada peserta didik dalam memahami materi mitigasi bencana. Selain itu juga rasa nyata yang diperoleh peserta didik dari service learning ini dapat meningkatkan percaya diri dan kecakapan berkomunikasi terhadap masyarakat. Peserta didik dituntut untuk menjadi penghubung pembelajaran yang telah mereka peroleh di sekolah dengan pelayanan langsung di masyarakat. Bentuk pelayanan yang dilakukan dalam penelitian ini melalui sosialisasi dan simulasi mitigasi bencana gempa bumi dan banjir di Sekolah Dasar (SD). Bekal pengetahuan yang diberikan sejak dini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran terhadap peristiwa bencana alam. ABSTRACT Nabilah Siti. 2017. The Effectiveness of Using Service Learning Model to the Students Critical Thinking Ability in Disaster Mitigation Study for Class X IPS of Senior High School. Thesis Geography Department Faculty of Social Science State University of Malang. Advisors (1) Drs.Yusuf Suharto M.Pd (II) Drs.Sudarno Herlambang M.Si. Key Words Service learning critical thinking Choosing a suitable teaching model can give a good opportunity to reach the learning objectives. One of the teaching models that can be applied to enrich the students critical thinking ability is service learning model. Service learning model has many advantages that is improving the students communication skill building a sense of care towards others improving the students critical thinking ability developing leadership skill enhancing team building and creating an interactive learning process. Service learning model matches with the teaching materials that connect the students with environmental services. Therefore the students are expected to gain useful information from the experience that they get in the surroundings. This study is conducted to know the effectiveness of service learning model to the students critical thinking ability. The research design of this study is quasi experimental design using Pretest-posttest Control Group Design. The subjects of this study are X IPS 6 N2 class as the experimental group and X IPS 6 O2 class as the control group. The critical thinking skill is measured using 5 essays which are done by validity and reliability test. The data is analyzed using normality test homogeneity test and hypothesis test using Independent Sample T-test. According to the result of the study there is an effect of using service learning method to improve the students critical thinking ability for class X IPS of senior high school. It can be seen from the hypothesis test s result that shows the average score of critical thinking ability is higher than the others. The score is obtained from the application of syntax in service learning model that is action in experiment group. In this syntax the students participate actively in the surrounding. This type of teaching model gives a direct impact on the students understanding in disaster mitigation study. In addition the real sense that the students get from service learning model can increase their confidence and communication skill. The students are required to apply the knowledge they have acquired at school to the surroundings. Kinds of service that the students do in this study are socialization and simulation for earthquake and flood mitigation in the elementary school. The socialization and simulation that are given in the early age are expected to increase the knowledge and awareness on natural disaster.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53546

Actions (login required)

View Item View Item