Mahardini, Damaola Via (2017) Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas X IIS SMA Negeri 2 Batu / Damaola Via Mahardini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mahardini Damaola Via. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas IIS SMA Negeri 2 Batu. Skripsi Jurusan Geografi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hendri Purwito M.Si (II) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto M.Si. Kata kunci berpikir kreatif model pembelajaran Project Based Learning Ketrampilan berpikir diperlukan untuk mengembangkan suatu kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran dengan mempertimbangkan kemampuan berpikir kreatif dapat melahirkan sesuatu yang baru baik berupa gagasan maupun karya nyata. Kemampuan berpikir kreatif dapat berkembang apabila didukung dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai yaitu melalui aktivitas peserta didik yang bemakna melalui pengalaman nyata dan menekankan pada kegiatan aktif. Model pembelajaran yang sesuai dengan kinerja nyata peserta didik adalah model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) menggunakan rancangan Pretest-posttest Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol peserta didik kelas X IIS SMA 2 Batu. Instrumen penelitian berupa lembar tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan berikir kreatif peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan SPSS 16.0 for Windows. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan model Project Based Learning lebih baik daripada peserta didik yang tidak menggunakan model Project Based Learning. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Project Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Saran yang diajukan untuk guru adalah menjadikan model Project Based Learning sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah mengujicobakan model Project Based Learning pada materi berbeda dan mengkombinasikan dengan media pembelajaran dan kerja proyek yang lebih variatif sehingga tampak pengaruh yang besar terhadap kemampuan berpikir kreatif dan memperoleh manfaat yang lebih besar dari Model Project Based Learning.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53545 |
Actions (login required)
View Item |