Penerapan model problem based learning berbasis lesson study untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis pada mata pelajaran geografi siswa kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Turen / Yuli Susanthi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model problem based learning berbasis lesson study untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis pada mata pelajaran geografi siswa kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Turen / Yuli Susanthi

Susanthi, Yuli (2017) Penerapan model problem based learning berbasis lesson study untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis pada mata pelajaran geografi siswa kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Turen / Yuli Susanthi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Susanthi Yuli. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Turen. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Purwanto S.Pd M.Si. (2) Ardyanto Tanjung S.Pd M.Pd. Kata kunci problem based learning lesson study kemampuan berpikir analitis Kemampuan berpikir analitis peserta didik menjadi salah satu syarat tercapainya keberhasilan suatu proses pembelajaran yang baik. Berdasarkan hasil observasi pada tanggal 8 - 17 September 2016 di SMAN 1 Turen diketahui bahwa kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas XI IIS 3 dinilai masih sangat kurang. Pada kegiatan diskusi dan tanya jawab pertanyaan yang muncul diantaranya adalah menyebutkan contoh pengertian konsep yang dibahas serta soal dari modul. Sebanyak 29 peserta didik hanya 8 peserta didik yang mampu menjawab soal esai secara analitis dengan benar. 80% peserta didik masih mempunyai kemampuan berpikir analitis relatif rendah. model Problem Based Learning berbasis lesson study diterapkan karena keunggulannya yang dirancang untuk membantu peserta didik berpikir secara analitis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Turen dengan menerapkan model Problem Based Learning berbasis lesson study. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbasis lesson study yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Pada setiap siklus dilakukan tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Turen sebanyak 29 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes kemampuan berpikir analitis. Teknik analisis data menggunakan dekriptif kuantitatif yang disajikan dalam bentuk tabel grafik dan diagram. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir analitis melalui penerapan model Problem Based Learning berbasis lesson study. Rata-rata nilai kemampuan berpikir analitis peserta didik pada siklus I sebesar 77 6 rata-rata nilai kemampuan berpikir analitis siklus II sebesar 86 5 dan rata-rata nilai kemampuan berpikir analitis siklus III 87 9. Peningkatan pada setiap siklus yakni sebesar 8 9 (11 47%) dari siklus I ke siklus II dan peningkatan 1 4 (1 6%) dari siklus II ke siklus III. Keseluruhan akumulasi peningkatan kemampuan berpikir analitis peserta didik dari siklus I ke siklus III sebesar 10 3 atau 13 07%. Sedangkan keterlaksanaan lesson study menunjukkan kriteria sangat terlaksana dengan persentase tahap plan 97 % tahap do menunjukkan kriteria terlaksana dengan persentase sebesar 86 % dan tahap see menunjukkan kriteria terlaksana dengan persentase sebesar 80 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53544

Actions (login required)

View Item View Item