Pengaruh model guided discovery learning terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI SMA Negeri Klakah / Irwan Supriyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model guided discovery learning terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI SMA Negeri Klakah / Irwan Supriyono

Supriyono, Irwan (2017) Pengaruh model guided discovery learning terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI SMA Negeri Klakah / Irwan Supriyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Irwan Supriyono. 2017. Pengaruh Model Guided Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas XI SMA Negeri Klakah. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Budi Handoyo M.Si (II) Purwanto S.Pd M.Si. Kata Kunci Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Kemampuan Berpikir Analitis Model pembelajaran penemuan terbimbing memiliki kelebihan dalam mengembangkan kemampuan belajar dan memperbaiki hasil belajar siswa. Model tersebut terbukti berpengaruh terhadap kemampuan penyelidikan pemahaman dan kreativitas. Model penemuan terbimbing melibatkan siswa bebas menyelidiki mencoba dan menarik kesimpulan. Sedangkan guru bertindak sebagai penunjuk jalan untuk membantu siswa menemukan ide dan konsep. Siswa harus mengalami sendiri hal-hal yang dipelajarinya melalui pengalaman nyata sehingga kemampuan berpikir analitis siswa dapat terbangun. Siswa perlu dibiasakan untuk memecahkan masalah menemukan sesuatu yang berguna bagi dirinya serta menemukan konsep prinsip dan pemecahan masalah untuk menjadi miliknya lebih daripada sekedar menerima dari seorang guru maupun sebuah buku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI SMA Negeri Klakah. Jenis penelitian ini kuasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian adalah kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini adalah skor nilai kemampuan berpikir analitis. Instrumen penelitian menggunakan 3 soal essai yang telah diuji sebelumnya menggunakan validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan Independent sample t-Test dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) adalah 0.008 0.05 dan rata-rata nilai gain score kelas eksperimen 13 09 lebih besar dari nilai rata-rata kelas kontrol 6 56. Maka H0 ditolak atau dengan kata lain model pembelajaran penemuan terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI SMA Negeri Klakah. Berdasarkan temuan penelitian diajukan dua saran. Pertama jika guru menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing harus merencanakan alokasi waktu dengan baik dan lebih detail saat menjelaskan setiap tahapan serta memperhatikan kesesuaian materi dengan model pembelajaran. Kedua untuk peneliti lanjutan disarankan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing sebagai pertimbangan pemilihan model dalam penelitian serta dapat menambahkan variable maupun menggunakan variabel lain seperti berpikir spasial kreatif ilmiah dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53536

Actions (login required)

View Item View Item