Penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam mata pelajaran geografi pokok bahasan dinamika dan masalah kependudukan pada peserta didik kelas XI IPS 4 di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Jaiz - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam mata pelajaran geografi pokok bahasan dinamika dan masalah kependudukan pada peserta didik kelas XI IPS 4 di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Jaiz

Lamis, Jaizah Efa Lailani (2017) Penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam mata pelajaran geografi pokok bahasan dinamika dan masalah kependudukan pada peserta didik kelas XI IPS 4 di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Jaiz. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lamis Jaizah Efa Lailani. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Dalam Mata Pelajaran Geografi Pokok Bahasan Dinamika Dan Masalah Kependudukan Pada Siswa Kelas XI IPS 4 Di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Marhadi S.K M.Si (II) Bagus Setiabudi W S.Si. M.Si. Kata Kunci model pembelajaran PBI kemampuan berpikir kritis. Hasil observasi awal yang sudah dilakukan pada tanggal 21 September 2016 didapatkan hasil bahwa peserta didik terlihat kesulitan saat menyelesaikan masalah yang diberikan. Peserta didik juga merasa kesulitan dalam mengambil keputusan dan mencari pemecahan masalah. Dalam hal ini tidak semua peserta didik yang kesulitan dalam menjawab ada sebagian peserta didik yang bisa menjawab dengan jawaban lengkap dengan menggunakan alasan logis. Beberapa peserta didik lainnya hanya memindahkan jawaban dari buku atau menjawab dengan jawaban yang sebisanya. Peserta didik di kelas ini juga hanya menerima pelajaran dengan mendengarkan penjelasan dari guru tanpa bertanya lebih dalam lagi mengenai materi yang di sampaikan. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu dilakukannya penelitian tentang penerapan model pembelajran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu model pembelajaran Problem Based Instruction. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kegiatan pembelajaran terdiri dari II siklus masing-masing siklus terdapat 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPS 4 SMA Laboratorium UM dengan jumlah peserta didik 31 orang pada materi Dinamika dan Permasalahan Kependudukan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dokumentasi dan pemberian soal tes. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan di kelas XI IPS 4 pada mata pelajaran geografi materi dinamika dan permasalahan kependudukan dilihat dari hasil tes kemampuan berpikir kritis peserta didik pada siklus I pada siklus II peserta didik sudah mengalami peningkatan. Hasil nilai rata-rata peserta didik pada siklus I sebesar 72.7 dan nilai rata-rata pada siklus II sebesar 84.8 dengan persentase peningkatan sebesar 16 7%.. Beberapa saran yang dapat diajukan antara lain (1) memberikan model alternatif kepada guru ketika proses pembelajran di dalam kelas (2) membuat sekolah memiliki banyak variasi model (3) langkah kegiatan yang sesuai dnegan tahapan model PBI agar peserta didik dapat mengembangkan keterampilan berpikir (4) peneliti lain yang ingin melakukan penelitian dengan model ini bisa mengganti variabel dengan hasil bekajar keaktifan dan lain sebagainya bagi peneliti selanjutnya agar dapat merencanakan pengelolaan kelas yang sesuai agar pelaksanaannya sesuai dan lebih efektif. ABSTRACT Lamis Jaizah Efa Lailani. 2017. The Implementation Problem Based Instruction model to improve the ability of critical thinking in Geography subject Dynamics and Population problems of students in XI social 4 in Laboratorium High School. Advisor (1) Drs. Marhadi. S.K M.Si Bagus Setiabudi W S.Si. M.si. Keyword learning model PBI critical thinking ability. The Result of preleminary observation that have conducted on Sepetember 21st 2016 show that student had difficulty to finish problems that given. The students also felt difficult in taking decisions and finding the solutions. In this case not every student had difficulty in answering. There were some student that could answer the question briefly with a logic reason. Some other students can only copy the answer from their books or answers as best as they can. Students in this class also received the lesson by listening their teacher s explanation without asking more about the materials given. Based on that problems there will be a need to conduct the research about the use of learning model that can improve the critical thinking ability of the students which is learning model Problem Based Instruction . The Kind of research is used Classroom Action Research. Learning activity consist of two cycles. Each cycle consist of two meetings. The two cycle consists of planning activity implementation observation and reflection. This research conduc in class XI social 4 in Laboratorium High School with total students of 31 students on Dynamics and Population Problems materials. Data collections are conected by observation documentation and giving a test. Based on the research that have conducted in class XI social 4 on Dynamics and Population Problems material of Geographic subject it can be seen that there is a diferent result of critical thinking ability test on the first cycle and the second cycle. On the second cycle the students have improved.Student s average score on the first cycle is 72 7 and the second cycle is 84 8 with the percentage increase of 16 7%. Some suggestions that can be submitted are (1) giving alternative model to the teachers when lerning activity is conducted in the class. (2) making the school have plenty of various learning model. (3) measuring appropriate activities with the steps of PBI model so that the students can develop their criticalthinking ability. (4) another researcher that want to conduct a research with this model can change the variable with learning result liveliness and so on. For the next researcher they have to plan on appropriate class management so that the implementation can be more offective.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53535

Actions (login required)

View Item View Item