Ardita, Dewa Made Jaya (2017) Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi budaya nasional dalam konteks interaksi global / Dewa Made Jaya Ardita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ardita Dewa Made Jaya. 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Budaya Nasional dalam Konteks Interaksi Global. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ach. Amirudin M.Pd (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si. Kata Kunci Model pembelajaran problem based learning hasil belajar. Dalam mempengaruhi hasil belajar siswa seorang guru harus mampu menggunakan model-model pembelajaran yang dapat mendukung tujuan pembelajaran. Salah satu model yang dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa ialah model problem based learning (PBL). Model problem based learning merupakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai tujuan utama pembelajarannya. Pemberian masalah dalam proses pembelajaran bertujuan agar siswa dapat lebih paham dengan materi yang diajarkan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen dengan model pra eksperimen. Penelitian ini dilakukan dalam 4 pertemuan yaitu 1 pertemuan digunakan untuk tes awal (Pretest) yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum 2 pertemuan digunakan untuk proses pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning dan 1 pertemuan digunakan untuk tes akhir (Posttest) Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan di kelas XI IPS 1 pada mata pelajaran geografi materi budaya nasional dalam kontek interaksi global diketahui dari rata-rata hasil belajar siswa pada tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) mengalami selisih sebesar 19 47. Perbedaan tersebut didapatkan dari hasil rata-rata nilai tes awal (pretest) sebesar 56 78 dan tes akhir (posttest) sebesar 76 25.Selain itu melalui uji hipotesis diketahui bawa nilai signifikasi yang didapat sebesar 0 000. Angka menyebutkan bahwa nilai signifikansi 0 05. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi budaya nasional dalam konteks interaksi global. Beberapa saran yang dapat diajukan antara lain (1) problem based learning dapat dijadikan alternatif model pembelajaran oleh guru dalam proses pembelajaran (2) langkah-langkah dalam model problem based learning dapat membantu siswa untuk aktif kreatif dan percaya diri dalam berpikir sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa (3) peneliti lain yang ingin menggunakan model ini dapat mengganti variabel dengan berpikir kritis kreatif dan lain sebagainya. ABSTRACT Ardita Dewa Made Jaya. 2017. The Effect of Problem Based Learning Model toward the learning Results of students on the national cultural Material in the context of Global Interaction. Thesis. Department Of Geography Of The Faculty Of Social State University Of Malang. Supervisor (1) Dr. Ach. Amirudin M. Pd. (II) Dra. Yuswanti Wirahayu Ariani M.Si. Keywords Model problem based learning the results of the study. In improving student learning outcomes a teacher should be able to use the learning model that can support and in appropriate with learning purpose. One model that can affect the results of student learning is a model of problem based learning (PBL). Model of problem based learning is learning by using the issue as a major goal of the lesson. The awarding of the problems in the process of learning aimsso that students can be more familiar with the material being taught. This type of research is research conducted experiments with models of pre-experiments. This research was conducted in 4 meetings which were 2 meetings used to pretest and posttest that aims to find out the results of a study of students before and after being given the treatment and 2 meetings used to process pembejaran with using problem based learning model. Based on the research that s been done in class XI social 1 on the subjects of geography national cultural material in the context of global interaction as seen from the average of the results of initial tests on student learning (pretest) and the ultimate test (posttest) experience the difference of 19.47. The difference is obtained from the average value results initial tests (pretest) of 56.78 and the ultimate test (posttest) of 76.25. Based on these results it can be inferred that there is an influence of model learning problem based learning towards the learning results of students on the national cultural material in the context of global interaction. A few suggestions that may be put forward among others (1) problem based learning can be used as an alternative model of learning by teachers in the learning process (2) steps in the model of problem based learning can help students to be active creative and confident in thinking so that the effect on student learning outcomes (3) other researchers who want to use this model can replace the variable with critical thinking creative and so on.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53534 |
Actions (login required)
View Item |