Yucha, Fastamik Norma (2017) Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar geografi peserta didik kelas XI IPS 3 SMAN 1 Genteng Kabupaten Banyuwangi / Fastamik Norma Yucha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yucha Fastamik Norma. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Kelas XI IPS 3 SMAN 1 Genteng Kabupaten Banyuwangi. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Prof. Dr. Budijanto M.Sos (II) Drs. Yusuf Suharto M.Pd. Kata Kunci Model pembelajaran STAD hasil belajar peserta didik. Hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 3 September 2016 menunjukkan bahwa hasil belajar geografi peserta didik di SMAN 1 Genteng tergolong rendah khususnya di kelas XI IPS 3. Rata-rata nilai peserta didik kelas XI IPS 3 yaitu 64 sedangkan nilai KKM yang ditetapkan oleh guru adalah 75. Peserta didik tidak ada yang mendapatkan nilai diatas KKM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Salah satunya adalah penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar Geografi peserta didik pada materi Budaya Nasional dan Interaksi Global. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Pada penelitian ini terdiri dari dua siklus yang pada masing-masing siklus terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPS 3 SMAN 1 Genteng yang terdiri dari 28 peserta didik pada materi Budaya Nasional dan Interaksi Global. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi tes tulis dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus peningkatan siklus I dan siklus II dan juga rumus ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat peningkatan hasil belajar Geografi peserta didik kelas XI IPS 3 SMAN 1 Genteng setelah diterapkan model pembelajaran STAD. Hasil belajar peserta didik meningkat dari siklus I ke siklus II. Hal ini ditunjukan pada rata-rata hasil belajar peserta didik siklus I sebesar 74 89 (baik) meningkat 14 94% menjadi 86 08 (sangat baik) pada siklus II. Ketuntasan klasikal peserta didik pada siklus I hanya 50% (kurang). Pada siklus II ketuntasan klasikal peserta didik meningkat 35 71% menjadi 85 71% (baik). Berdasarkan penelitian yang dilakukan terdapat beberapa saran yaitu (1) Guru Geografi perlu menerapkan model pembelajaran (STAD) sebagai salah satu model alternatif dalam kegiatan pembelajaran (2) Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya mendatangkan lebih dari dua observer agar kondisi kelas dapat diamati lebih baik (3) Bagi peneliti selanjutnya penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu referensi untuk melakukan penelitian tentang model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dikombinasikan dengan model pembelajaran yang lain. ABSTRACT Yucha Fastamik Norma. 2017. The Implementation of Student Teams Achievement Division (STAD) Learning Model To Improve Geography Learning Outcomes of Students Class XI IPS 3 SMAN 1 Genteng Banyuwangi Regency. Thesis Department of Geography Faculty of Social Sciences Universitas Negeri Malang. Advisor (I) Prof. Dr. Budijanto M.Sos (II) Drs. Yusuf Suharto M.Pd. Keywords STAD learning model learning outcome of students.. The result of the observation conducted on 3rd of September 2016 shows that geography learning outcomes of 1 Genteng Senior High School students is low especially in class XI IPS 3. The average score of students in class XI IPS 3 is 64 however the minimum standart of competency achivement determined by the teachers is 75. No students can pass the minimum standart of competency. To solve the problem it needs the observation about implementation learning models that can improve the learning outcomes of the students. Students Teams Achievement Division (STAD) is one of the cooperative learning models to improve georaphy learning outcomes of students in National Cultures and Global Interaction subject material. This type of research is a classroom action research. There are two cycles and for each cycle consists of 4 phases they are Planning implementation observation and reflection. Each cycle consists of two meetings. The research was conducted in class XI IPS 3 of SMAN 1 Genteng consisting of 28 students on the material of the National Culture and Global Interactions. The data is collected through observation written test and documentation. In analizing the data it uses the increase formula in the first and the second cycle and also classical completeness formula. Based on the research result it revealed that there was an increase in Geography learning outcomes of students class XI IPS 3 of SMAN 1 Genteng after applied STAD learning model. Learning outcomes of students increase from first cycle to second cycle. It can be seen from the average score of the students in first cycle is 74 89 (good) and increase 14 94% becomes 86 08 (very good) in the second cycle. The classical completeness of students in the first cycle only 50% (deficient) . The second classical completeness cycle of students increases from 35 71% to 85 71% (excellent). There are some suggestions based on the research (1) The teachers need to apply learning model (STAD) as one of the alternative model in learning activities (2) For the next researcher it s better to provide two obervers so that the class condition can be observed well (3) For the next researcher this study is expected to be one of the references to research the learning model Student Teams Achievement Division (STAD) combined with other learning models.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53533 |
Actions (login required)
View Item |