Pengaruh model pembelajaran Science, Environment, Technology, Society (SETS) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMA Negeri I Bojonegoro / Rifka Annisa

Annisa, Rifka (2017) Pengaruh model pembelajaran Science, Environment, Technology, Society (SETS) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMA Negeri I Bojonegoro / Rifka Annisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Annisa, Rifka. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Science, Environment, Technology, Society (SETS)terhadap KemampuanBerpikirKritis Peserta Didik Kelas XISMANegeri1Bojonegoro. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd, (II) Drs. DidikTaryana, M.Si Kata Kunci: Science, Environment, Technology, Society (SETS), kemampuanberpikirkritis Teknologi yang semakinmajumembuatmanusiamembutuhkankecakapanhidupuntukbertahanhidupdi era modern dimanateknologidanilmupengetahuansemakinberkembangpesatsehinggamempengaruhikehidupan social masyarakat. Science, Environment, Technology, Society (SETS)dipilih sebagai model karena dengan pendekatan saintifik meningkatkan proses berpikir, memecahkan masalah, berorientasi pada aspekilmupengetahuan, lingkungan, teknologi, danmanusia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SETS terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Geografi siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bojonegoropada materi sebaran barang tambang di Indonesia, tepatnya pada indikator pemanfaatan dan tata kelola usaha pertambangan. Eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis eksperimen semu (quasi experiment) karena tidak dapat berfungsi untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Instrumen penelitianberupa tes esai diuji coba berdasarkan validitas, realibilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Instrumen afektif menggunakan lembar observasiberupa Lembar Kerja Peserta Didik. Uji hipotesis menggunakan Uji-T dua sampel tidak berpasangan.Berdasarkan hasil analisis data, diketahui uji hipotesis nilai kognitif sebesar 0,005. Uji hipotesis menunjukkan terdapat perbedaan dan terjadi peningkatanrata-rata kemampuanberpikirkritisdari perlakuan yang sudahdiberikan.Hal ini menunjukkan adanya pengaruh Science, Environment, Technology, Society (SETS)terhadap kemampuanberpikirkritis peserta didik Kelas XISMANegeri1Bojonegoro. Saran yang perlu diperhatikan saat menerapkan model ini adalah menyusun RPP dengan memperhatikan waktu dan kondisi atau jadwal sekolah, padaawalpembelajaranperlumencari permasalahan yang terjadi di lingkungansekitarsiswauntukmelatih tanggap terhadap masalah lingkungan, guru perlumenguasaikonsep materi yang terkait dengan konsep dan proses sains yang dikaji selama pembelajaran,danmenggunakan media pada kegiatan pendahuluanuntuk mengidentifikasi masalah kontekstual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53531

Actions (login required)

View Item View Item