Persepsi keluarga petani tentang pendidikan anaknya di Desa Pait Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang / Ibnu Imam Hakim

Hakim, Ibnu Imam (2019) Persepsi keluarga petani tentang pendidikan anaknya di Desa Pait Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang / Ibnu Imam Hakim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Hakim, Ibnu Imam. 2018. Persepsi Keluarga Petani Tentang Pendidikan Anaknya di Desa Pait Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang .Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Lasi Purwito, M.S (I). Dr. Zulkarnain, M.Pd, M,Si (II) Kata Kunci: persepsi keluarga, pendidikan anak Sehubungan dengan kesejahteraan keluarga petani, pendidikan menjadi salah satu alternatif meningkatkan kesejahteraan. pendidikan memegang peranan penting, terutama dalam upaya peningkatan kualitas sumberdaya manusia. Di daerah pedesaan sebagian masyarakat, terutama keluarga petani yang mempersepsikan pendidikan anak tidak terlalu penting bagi masa depan anaknya. Penelitian ini ingin mengetahui pengaruh atau hubungan persepsi keluarga petani terhadap pendidikan anak yang akan dilaksanakan di Desa Pait, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang. Penelitian tentang persepsi keluarga petani tentang pendidikan anaknya dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Sampel survey lapangan berjumlah 63 keluarga atau responden dengan menggunakan pengukuran skala Likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa, jumlah penduduk Desa Pait berjumlah 2.385 laki-laki, dan 2.271 perempuan. Sedangkan jumlah anak usia sekolah di Desa Pait sejumlah 632 jiwa. Dari total tersebut, jumlah responden dengan anak masih dalam bangku sekolah sejumlah 128 jiwa. Penelitian ini menghasilkan temuan, bahwa ada korelasi antara persepsi keluarga petani terhadap pendidikan anak, dengan hasil perhitungan korelasi sederhana Sig. (2- tailed) 0.000 lebih kecil dari 0.05 atau 0.000 < 0.05. sedangkan hasil perhitungan regresi menunjukkan bahwa, besarnya hubungan (R) senilai 0.489 yang menjelaskan besaran korelasi atau hubungan antara persepsi keluarga petani terhadap pendidikan anak. Persentase pengaruh antara variabel persepsi keluarga petani terhadap variabel pendidikan anak ditunjukkan oleh koefisien determinan (R Square) yang menghasilkan nilai 0.240 atau 24%. Hasil koefisien determinan tersebut diartikan bahwa terhadap 24% pengaruh persepsi keluarga petani terhadap pendidikan anak, sedangkan 76% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Saran yang dapat disampaikan ada pada pertimbangan untuk tidak mengenyampingkan pendidikan terhadap anak atau anggota keluarga. Sedangkan saran lain yang dapat disampaikan adalah pada penelitian selanjutnya, yang mana di dalam penelitian ini masih ada beberapa kriteria yang tidak termasuk dalam faktor yang mempengaruhi untuk menjadi bahan penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5353

Actions (login required)

View Item View Item