Penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) untuk meningkatkan kemampuan berpikir analistis siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Wringinanom Gresik / Rizco Aditya Arfiardy

Arfiardy, Rizco Aditya (2017) Penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) untuk meningkatkan kemampuan berpikir analistis siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Wringinanom Gresik / Rizco Aditya Arfiardy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arfiardy, Rizco Aditya. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) UntukMeningkatkanKemampuanBerpikirAnalisisSiswaKelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Wringianom Gresik.Skripsi, jurusanGeogragi, FakultasIlmuSosial, Universitasnegeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. HendriPurwito, M.Si (II) Ir. Juarti, M.P Kata Kunci: Model PembelajaranGroup Investigation (GI), Kemampuan BerpikirAnalitis Kemampuanberpikiranalitissiswakelas XIIPS2 SMANegeri 1 Wringinanom Gresik tergolongrendah, karenaketerlibatansiswadalampembelajaranmasihkurang. Kondisitersebutmembuatsiswamenjadibosankarena model pembelajaran yang digunakankurangmenarik, sehinggakemampuanberpikiranalitissiswakurangberkembang. Untukmengatasipermasalahantersebutdiperlukan model pembelajarankooperatif yang mampumelibatkanperansiswasecaramenyeluruhdalampembelajaran. Dipilihnya model pembelajaranGroup Investigation karena model inimerancangpolapembelajaran yang aktifdanmelibatkansiswadalampembelajaran yang dapatmeningkatkankemampuanberpikiranalitissiswa di SMA Negeri 1 Wringinanom Gresik. Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanberpikiranalitissiswamelalui model pembelajaranGroup Investigation. Penelitianinidilakukan di SMA Negeri 1 Wringinanom Gresik denganmenggunakanmetodepenelitiantindakankelasyang dilaksanakandalam 2 siklus, dimanadalamsetiapsiklusterdiridaridua kali pertemuandansatu kali tesakhirsiklus. Subjekdalampenelitianiniadalahsiswakelas XI IPS2 SMA Negeri 1 Wringinanom Gresik tahunajaran 2016/2017 yang terdiridari 30 siswa. Instrumen yang digunakanadalahlembarobesrvasikegiatanpembelajaran, tesesai, dandokumentasi. Hasilpenelitianmenunjukkanadanyapeningkatanterhadapkemampuanberpikiranalitissiswakelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Wringinanom Gresik, dengannilai rata-rata prasiklussebesar 69 meningkatmenjadi71,56padasiklus I denganpersentasekenaikan 3,71%, kemudianmengalamipeningkatan juga menjadi 79,67 padasiklus IIdenganpersentasekenaikan 11, 33 %. Total persentasekenaikannilai rata-ratasiswadariprasiklushinggasiklus II sebesar 15,46%.Kesimpulandaripenelitianiniadalahpenerapan model pembelajaranGroup Investigation dapatmeningkatkankemampuanberpikiranalitissiswakelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Wringinanom Gresik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53526

Actions (login required)

View Item View Item