Pengaruh model pembelajaran investigasi kelompok terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA pada mata pelajaran geografi / Mukhamad Fauzi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran investigasi kelompok terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA pada mata pelajaran geografi / Mukhamad Fauzi

Fauzi, Mukhamad (2017) Pengaruh model pembelajaran investigasi kelompok terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA pada mata pelajaran geografi / Mukhamad Fauzi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fauzi Mukhamad. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA pada Mata Pelajaran Geografi. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Budi Handoyo M.Si (II) Bagus Setiabudi W M.Si. Kata Kunci Berpikir tingkat tinggi Investigasi Kelompok Investigasi Kelompok (Group Investigation) adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang menggunakan pendekatan masalah.Karena menggunakan pendekatan tesebut model ini menuntut siswa untuk menggunakan kognitif tingkat tinggi (kemampuan berpikir tingkat tinggi).Dalam keterampilan ini siswa dituntut untuk mampu menguasai kemampuan berpikir kritis berpikir kreatif dan paham pengetahuan dasar.Kelebihan lain dari model ini adalah membantu siswa untuk lebih memahami lingkungan sekitarnya melalui tahap investigasi yang mereka lakukan di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Investigasi Kelompok terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA pada mata pelajaran geografi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperimen dengan desain penelitian Post Test Only Control Group Desain. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang. Dengan menggunakan siswa kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes esai kemampuan berpikir tingkat tinggi pada kedua kelas setelah diberikan perlakuan model yang berbeda. Analisis data yang digunakan menggunakan uji hipotesis yaitu uji-t (t-test) menggunakan bantuan program SPSS 18.0 for Windows. Taraf signifikan uji hipotesis yang akan digunakan sebesar 0 05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran investigasi kelompok berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas eksperimen. Secara tidak langsung model pembelajaran investigasi kelompok juga dapat menambah wawasan siswa melalui kegiatan investigasi di luar kelas. Berdasarkan temuan penelitian untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada mata pelajaran geografi model pembelajaran Investigasi Kelompok dapat menjadi alternatif yang bagus. Model pembelajaran ini akan sangat sesuai bila digunakan dalam proses pembelajaran pada kompetensi dasar yang kontekstual. Tujuannya agar pembelajaran lebih bermakna dan lebih diingat oleh siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53523

Actions (login required)

View Item View Item