Ariyanti, Ferliana (2017) Pengembangan modul geografi untuk siswa kelas XI-IIS SMA / Ferliana Ariyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ferliana Ariyanti. 2016. PengembanganModulGeografiuntukSiswaKelas XI SMA. Skripsi JurusanGeografi. FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. HadiSoekamto S.H M.Pd M.Si (II) Dr. Ach. Amirudin M.Pd Kata Kunci Pengembangan Modul Geografi Penelitiandanpengembanganprodukpendidikandidasarkanpadaanalisiskebutuhan. Analisistersebutterdiridarianalisiskebutuhanmodulsebagaibahan ajar berdasarkantuntutankurikulum yang diterapkan analisiskebutuhanmodulsebagaibahan ajar berdasarkankarakteristiksiswa dananalisiskelemahanmodulsebagaibahan ajar yang sudahditerapkan. Berdasarkananalisismodulsebagaibahan ajar sesuaituntutankurikulum yang diterapkan Kurikulum 2013 membutuhkansuatumodulsebagaibahan ajar yang mampumengembangkankemampuan individual siswasertamelatihsiswalebihmandiridalammelaksanakanpembelajaran. Berdasarkananalisiskedua karakteristikbelajarantarasiswasatudenganlainnyatidaksama. Perbedaantersebutterletakpadakecepatanbelajarsiswa. Adanyaperbedaantersebut siswamembutuhkanbahan ajar yang mampumenjadisaranauntukbelajarsesuaikarakteristiknya. Berdasarkananalisisketiga diketahuibahwaModulGeografi yang diterapkanpada SMA BSS masihbanyakmengalamikekurangan. Kekurangantersebutdiantaranyaterkaitstandarpenulisanmodul aspekdesain layout danisi. Olehsebabitu berdasarkanketigaanalisis di atasdibutuhkanpengembanganModulGeografi agar terciptaModulGeografi yang lebihbaik. TujuanpenelitianpengembanganiniuntukmengembangkanModulGeografiuntuk SMA kelas XI IIS. Penelitianinimengadopsi model pengembanganBorg and Gall (1983)sehinggamenjadisembilanlangkahpengembangan. Kegiatanvalidasidilakukandenganmelibatkantiga orang validator ahli yaituvalidasiahlimateri bahasa dan media/ desain. Ujicobadilakukansebanyakdua kali. Ujicobapertamadilakukanpada 10 siswakelas XI IIS 1-3 SMAN 1 Kampak ujicobakeduadilakukanpada 20 siswakelas XI IIS 1-3 SMAN 1 Kampak Trenggalekpada semester ganjil 2016/2017. Data kualitatifdankuantitatif yang diperolehdarihasilvalidasidanujicobaselanjutnyadikumpulkandandianalisis. Hasilvalidasidariaspekmateri bahasa dan media/desainmenunjukkanbahwamodulmendapatkriteriabaik danlayak. Namundemikian modulmasihperludilakukanrevisi/perbaikan. Hasilujitahap Icobamenunjukkanbahwa 2 siswa (20%) memberikanrespon baik sedangkan 8 siswalainnya (80%) memberikanrespon sangatbaik sedangkanberdasarkanujicobatahap II menunjukkanbahwa 16 siswa (80%)memberikanrespon sangatbaik sedangkan 4 siswa (20%) memberikanrespon baik . Berdasarkanhasilpenelitiantersebut dapatdikatakanbahwamodul yang dihasilkanberkualitasbaikuntukdapatdigunakandalampembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Feb 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53519 |
Actions (login required)
View Item |