Pengaruh model pembelajaran Problem Based Leanring (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis materi kearifan lokal dalam pemanfaatan sumber daya alam siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Panarukan / Fadilia Jalal - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Problem Based Leanring (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis materi kearifan lokal dalam pemanfaatan sumber daya alam siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Panarukan / Fadilia Jalal

Jalal, Fadilia (2017) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Leanring (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis materi kearifan lokal dalam pemanfaatan sumber daya alam siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Panarukan / Fadilia Jalal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jalal Fadilia 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) TerhadadpKemampuanBerpikirKritisMateriKearifanLokaldalamPemanfaatanSumberDayaAlamSiswaKelas XI IPS SMAN 1 Panarukan.Skripsi Program StudiPendidikanGeografi FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. DwiyonoHariUtomo M.Pd M.Si (II) Ir. Juarti M.P. Kata kunci model pembelajaranProblem Based Learning berpikirkritis. Pembelajaran yang dilakukan di kelasmasihdidominasiolehperan guru dankurangmelibatkansiswasecaraaktifselama proses pembelajaransehinggakemampuanberpikirkritissiswarendah. Faktor yang mempengaruhirendahnyakemampuansiswadalamberpikirkritisyaitu guru masihmenggunakanmetodekonvensional. Hal tersebutmembuatsiswamerasabosan sehinggaperlumenggunakan model pembelajaranProblem Based Learning. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruh model pembelajaranProblem Based Learningterhadapkemampuanberpikirkritissiwakelas XI IPS SMAN 1 Panarukan. Penelitianinitermasukjenispenelitianeksperimensemu (Quasi Experiment) denganmenggunakananalisastatistikkuantitatif. PenelitianinimengambilrancanganpenelitiantipeNonequivalent Control Group.Subjekpenelitianinimeliputikeseluruhansiswakelas XI IPS SMAN 1Panarukan yang terdiridari 2 kelas yaitukelas XI IPS 1 sebagaikelaskontroldankelas XI IPS 2 sebagaikelaseksperimenyangmasing-masingberjumlah 31 siswa. Teknikanalisis yang digunakanuntukmengujihipotesisyaitumenggunakanIndependent Sampel t-Testdenganbantuan program SPSS 16.0 for Windows. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapan model pembelajaranProblem Based Learningberpengaruhterhadapkemampuanberpikirkritissiwa. HasilanalisisIndependent Sampel t-Testdiperolehnilaisig. sebesar 0 000. NilaiGainscorekemampuanberpikirkritissiswakelaseksperimenadalah 17 10lebihtinggidaripadakelaskontrolsebesar 12 74. Sehinggadapatdisimpulkanbahwapenerapan model pembelajaranProblem Based Learningberpengaruhterhadapkemampuanberpikirkritissiswa. Bertitiktolakdaripenelitianini beberapa saran yang diharapkandapatmemberikanmanfaatantara lain (1) guru dapatmenerapkan model pembelajaranPBLsebagaisalahsatuvariasi model dalamkegiatanpembelajranuntukmeningkatkankemampuanberpikirsiswa (2) pada sat guru mencaripermasalahanharusdisertaibukti-bukti yang relevan agar siswalebihmudahdalammenentukansolusipermasalahan (3) bagipenelitiselanjutnya yang berminatmelakukanpenelitianjenisini adabaiknyamempersiapkan RPP denganbaik terutamaalokasiwaktu agar penerapan model pembelajaranPBLdapatterlaksanadenganbaik (4) memberikanlebihbanyakpilihanpermasalahan yang ada di lingkungansekitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53518

Actions (login required)

View Item View Item