Sitinjak, Romauli BR (2017) Pengaruh model pembelajaran Teams Assisted Individualization (TAI) terhadap kemampuan berpikir analitis pada mata pelajaran geografi SMAN 7 Malang / Romauli BR Sitinjak. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sitinjak Romauli. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Kemampuan Berpikir Analitis pada Mata Pelajaran Geografi SMAN 7 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si. (II) Drs. Sudarno Herlambang M.Si Kata Kunci Team Assisted Individualization Kemampuan Berpikir Analitis Model pembelajaran Team Assisted Individualization adalah pembelajaran kooperatif yang memadukan dengan pengajaran tutor sebaya untuk dapat melatih keterampilan sosial dalam kelompok dan melatih kemampuan berpikir analitis peserta didik. Model pembelajaran TAI memiliki berbagai kelebihan dan sintaknya mampu melatih kemampuan berpikir analitis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas XI SMAN 7 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan desain pretest posttest group design. Subjek dalam penelitian ini dibagi menjadi dua kelas yaitu XI IIS 2 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran Team Assisted Individualization dan XI IIS 1 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan soal uraian. Analisis data menggunakan uji-t dengan SPSS 16.0 for Windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Dari hasil uji-t terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik didapatkan bahwa nilai probabilitas adalah 0 000. Dari hasil tersebut nilai probabilitas 0 05 maka H0 ditolak dan H1 diterima atau diinterpretasi bahwa terdapat pengaruh kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas XI yang mengikuti model pembelajaran Team Assisted Individualization. Model pembelajaran Team Assisted Individualization memiliki kelebihan yang mampu melatih kemampuan berpikir analitis. Oleh karena itu disarankan untuk digunakan dalam melatih kemampuan berpikir analitis peserta didik khususnya pada kompetensi dasar yang menuntut kemampuan berpikir analitis sehingga menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna bagi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Feb 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/53515 |
Actions (login required)
View Item |