Pengaruh model pembelajaran tutor sebaya terhadap pemahaman konsep geografi siswa kelas XI IIS MAN Rejotangan Kabupaten Tulungagung / Isna Dewi Muslishoh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran tutor sebaya terhadap pemahaman konsep geografi siswa kelas XI IIS MAN Rejotangan Kabupaten Tulungagung / Isna Dewi Muslishoh

Muslishoh, Isna Dewi (2017) Pengaruh model pembelajaran tutor sebaya terhadap pemahaman konsep geografi siswa kelas XI IIS MAN Rejotangan Kabupaten Tulungagung / Isna Dewi Muslishoh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muslishoh Isna Dewi. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap Pemahaman Konsep Geografi Siswa Kelas XI IIS MAN RejotanganKabupatenTulungagung. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Singgih Susilo M.S. M.Si (II) Drs. Hadi Soekamto S.H. M.Pd. M.Si Kata Kunci tutor sebaya pemahaman konsep Pembelajaran geografi di sekolah tidak hanya menuntut siswa untuk mengingat konsep melainkan memahami konsep. Pemahaman konsep yang harus dimiliki akan membantu siswa dalam mengetahui hubungan antar konsep dan memudahkan siswa dalam memahami materi selanjutnya. Namun pembelajaran saat ini masih cenderung pada penghafalan konsep sehingga kemampuan pemahaman konsep siswa tidak dapat berkembang.Salah satu model pembelaja-ran yang mampu mengembangkan kemampuan pemahaman konsep siswa adalah Tutor Sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran Tutor Sebaya terhadap pemahaman konsep geografi siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Penelitian dilaksanakan di MAN Rejotangan Kabupaten Tulungagungdengan mengambil 2 subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IIS 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IIS 2 sebagai kelas eksperimen.Instrumen penelitian berupa soal esai yang dikembangkan berdasarkan kisi-kisi yang telah dibuat dan disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan indikator pemahaman konsep. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Uji-t (Independent Sample t-Test) dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Hasil analisis menunjukkan rata-rata (mean) kemampuan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen (66 71) lebih besar daripada kelas kontrol (59 60) maka H0 ditolak. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Tutor Sebaya berpengaruh signifikan terhadap pemahaman konsep geografi siswa kelas XI IIS MAN RejotanganKabupaten Tulungagung.Saran dari penulis adalah (1) sekolah dengan memberikan sosialisasi dan referensi tentang model pembelajaran Tutor Sebaya workshop dan pelatihan guru (2) guru bidang studi geografi harus menyiapkan RPP sesuai dengan sintak model pembelajaran Tutor Sebaya serta menyediakan hand out dan pelatihan bagi tutor 3) peneliti selanjutnya dapat menambah atau mengganti variabel penelitian sertamenggunakan sekolah dan materi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53513

Actions (login required)

View Item View Item