Sekolah Dolan sebagai lembaga pendidikan nonformal / Muhammad Hamdani

Hamdani, Muhammad (2019) Sekolah Dolan sebagai lembaga pendidikan nonformal / Muhammad Hamdani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Hamdani, Muhammad. 2018. Sekolah Dolan Sebagai Lembaga Pendidikan Nonformal, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Zulkarnaen Nasution, M.Pd, M.Si, (II) Sopingi, S.Sos., M.Pd. Kata Kunci : Sekolah Dolan, Program Institusi, Pendidikan Nonformal Sekolah Dolan adalah lembaga yang melayani kebutuhan pendampingan anak-anak yang merasa tidak nyaman di sekolah atau anak-anak yang merasa mampu untuk melakukan percepatan dalam belajarnya (akselerasi). Sekolah Dolan memberikan pendampingan belajar dengan tiga cara, yaitu home visit, community visit, dan distance learning. Sekolah Dolan adalah bentuk pendidikan nonformal, hakekatnya sekolah dolan adalah program pendidikan kesetaraan dalam bentuk layanan alternatif karena persekolaan harus menempuh ujian nasional. Pendidikan nonformal relatif lebih fleksibel karena tidak terpaku dengan aturan-aturan persekolahan, persyaratan unsur-unsur pengelolanya lebih fleksibel,materi pelajaran atau latihannya relatif lebih luwes dan materi mata pelajaran pada umumnya lebih banyak yang bersifat praktis dan khusus Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal, diantaranya Sekolah Dolan menerapkan program institusi pendidikan nonformal, pengelolaan Sekolah Dolan dan proses pembelajaran di Sekolah Dolan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif studi kasus. Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini bersifat snowball sampling. Lokasi penelitian ini dilakukan di Sekolah Dolan yang beralamat di Perum Villa Bukit Tidar A2-156 / A4-209 Kota Malang, Jawa Timur. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikkan kesimpulan. Pengecekkan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi metode dan triangulasi sumber. Temuan penelitian berupa (1) Sekolah Dolan menerapkan program institusi pendidikan nonformal. (2) Pengelolaan lembaga Sekolah Dolan bersifat dinamis, partisipatif, dan terbuka serta berlandaskan komitmen pengelola dan peserta didik. (3) Proses pembelajaran nonformal di Sekolah Dolan bersifat fleksibel dan menggunakan metode experiental learning serta menggunaan sarana dan prasarana lembaga sebagai media. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan agar (1) penerapan program institusi pendidikan nonformal di Sekolah Dolan dijalankan dengan berkelanjutan, tentunya dengan perbaikan beberapa aspek terutama sumber belajar yang harus diperkaya. (2) Sebaiknya perencanaan dan kegiatan serta pembelajaran direncanakan dengan matang sehingga hasil yang diperoleh juga maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5351

Actions (login required)

View Item View Item