Pengaruh geographical inquiry terhadap kemampuan berpikir analitis siswa dalam mata pelajaran geografi kelas XI IPS di SMAN 7 Malang / Rizka Nur Afivah

Afivah, Rizka Nur (2017) Pengaruh geographical inquiry terhadap kemampuan berpikir analitis siswa dalam mata pelajaran geografi kelas XI IPS di SMAN 7 Malang / Rizka Nur Afivah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Afivah, Rizka Nur . 2016. Pengaruh Geographical Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS di SMAN 7 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Budi Handoyo, M.Si, (II) Ir. Juarti, M.P. Kata Kunci: Geographical Inquiry, kemampuan berpikir analitis Pembelajaran saat ini hanya menekankan pada kemampuan berpikir tingkat dasar seperti hapalan dan mengetahui sebuah informasi. Kurikulum 2013 menekankan proses analisis yang mengharuskan siswa tidak hanya pada tingkatan memahami. Perlu adanya pengembangan kemampuan berpikir analitis agar pembelajaran tidak hanya bermanfaat sebagai pengetahuan saja tetapi dapat menumbuhkan wawasan yang baru pada siswa. Kemampuan berpikir analitis sangat dibutuhkan dalam kajian Geografi salah satunya adalah materi Dinamika dan masalah penduduk. Materi ini membahas mengenai kuantitas dan analisis demografi, kualitas penduduk dan permasalahan penduduk. Salah satu model pembelajaran yang mampu melatih kemampuan berpikir analitis dalam pembelajaran geografi adalah model Geographical Inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh model Geographical Inquiry terhadap kemampuan berpikir analitis geografi siswa kelas XI IPS SMAN 7 Malang. Penilitian ini dirancang menggunakan quasi eksperimen dengan posttest only control group design. Subyek penelitian adalah kelas XI IIS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IIS 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan 4 soal essai yang telah diuji sebelumnya menggunakan validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah Independent sample t-Test dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil analisis uji t yang diperoleh, membuktikan bahwa nilai sig (2-tailed) 0.01 < 0.05 dan nilai rata-rata kelas eksperimen (85.06) lebih besar dari pada kelas kontrol (74.87), maka H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Geographical Inquiry berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis geografi siswa kelas XI SMAN 7 Malang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, saran diajukan kepada: (1) guru bidang studi geografi harus merencanakan pembelajaran model Geographical Inquiry dengan baik sehingga dapat dijalankan secara maksimal dan mengelola ketepatan waktu; (2) sekolah menganjurkan model Geographical Inquiry melalui pelatihan atau workshop pada guru pada materi yang bersifat analisis; (3) peneliti selanjutnya mampu mengelola kelas lebih baik dan terarah, menerapkan pada materi lainnya, mengambil lokasi penelitian di sekolah lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53508

Actions (login required)

View Item View Item