Penerapan pembelajaran probing-prompting untuk meningkatrkan pemahaman konsep geografi siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 4 Madiun semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 / Rian Nanda bagus Wahyu P. - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran probing-prompting untuk meningkatrkan pemahaman konsep geografi siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 4 Madiun semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 / Rian Nanda bagus Wahyu P.

Wahyu P., Rian Nanda Bagus (2017) Penerapan pembelajaran probing-prompting untuk meningkatrkan pemahaman konsep geografi siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 4 Madiun semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 / Rian Nanda bagus Wahyu P. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratama.Rian Nanda Bagus Wahyu. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Geografi SiswaKelas X IPS 3SMA Negeri 4 Madiun Semester Ganjil Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Yusuf Suharto M.Pd. (II) Ir. JuartiM.P. Kata Kunci Probing-Prompting Pemahaman Konsep Geografi Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti pada semester ganjil 2016/2017 di kelas X IPS 3SMANegeri 4 Madiun diketahui pemahaman konsep geografi siswa masih rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang mampu mengasah pemahaman konsep geografi siswa. Model pembelajaran yang disarankan untuk mengatasi rendahnya pemahaman konsep geografi adalah model pembelajaran Probing-Prompting. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang ada di kelas X IPS 3 rendahnya pemahaman konsep geografi dengan penerapan model pembelajaran Probing-Prompting. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas X IPS 3 SMA Negeri 4 Madiun dengan subjek penelitian 37 siswa. Pengukuran nilai pemahaman konsep geografi dapat diukur menggunakan soal essay yang berjumalah 4 butir soal pemahaman konsep yang dilakukan pasca-siklus. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada peningkatan hasil pemahaman konsep geografi siswa kelas X IPS 3SMANegeri 4 Madiun.Rata-rata nilai pemahaman konsep geografi siswa Pra-Tindakan adalah 43 6 nilai rata-rata pemahaman konsep pasca siklus I mengalami peningkatan 30 5% menjadi 69 5 dan nilai pemahaman konsep pasca siklus II meningkat 18 6% menjadi 81 4. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran model Probing-Prompting dapat meningkatkan pemahaman konsep geografi siswa kelas XIPS 3SMANegeri 4 Madiun semester ganjil tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53507

Actions (login required)

View Item View Item