Penerapan model pembelajaran inquiry untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas X IPS 2 MAN Kota Batu / Agung Syahroni - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran inquiry untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas X IPS 2 MAN Kota Batu / Agung Syahroni

Syahroni, Agung (2017) Penerapan model pembelajaran inquiry untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas X IPS 2 MAN Kota Batu / Agung Syahroni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Syahroni Agung. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas X IPS 2 MAN Kota Batu. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Yusuf Suharto M.Pd(II) Drs. Rudi Hartono Msi Kata Kunci Model Pembelajaran Inquiry Kemampuan Berpikir Analitis. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih didominasi ceramah sehingga menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir analitis siswa. Rata-rata nilai kelas X IPS 2 mata pelajaran geografi merupakan nilai yang terendah dibandingkan kelas X IPS lainnya di MAN Kota Batu. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas X IPS 2 MAN Kota Batu melalui penerapan model pembelajaran Inquiry pada materi Hidrosfer. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Rancangan PTK yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dua cara yaitu tes yang dilakukan pada setiap akhir siklus dan observasi catatan lapangan.Analisis data yang digunakan berupa data kuantitatif yang selanjutnya akan dianalisis secara deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 MAN Kota Batu. Temuan menunjukkan bahwa diterapkannya pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa. Hasil analisis kemampuan berpikir analitis siswa pada pra siklus nilai rata-rata sebesar 65. Pada siklus I nilai rata-rata sebesar 69. Pada siklus II nilai rata-rata sebesar 79. Dari hasil nilai rata-rata kemampuan berpikir analitis dari pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 5 80%. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 12 65%. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil ini bahwa penerapan model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis geografi siswa kelas X IPS 2 MAN Kota Batu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53504

Actions (login required)

View Item View Item