Pengaruh metode pembelajaran observasi lapangan terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran geografi SMA / Miftakhul Huda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode pembelajaran observasi lapangan terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran geografi SMA / Miftakhul Huda

Huda, Miftakhul (2017) Pengaruh metode pembelajaran observasi lapangan terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran geografi SMA / Miftakhul Huda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Huda Miftakhul. 2016. PengaruhMetodePembelajaranObservasiLapanganTerhadapHasilBelajarPesertaDidikMata PelajaranGeografiSMA. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ach. Fatchan M.Pd M.P (II) Drs. Mustofa M.Pd. Kata Kunci ObservasiLapangan Hasil Belajar Peserta didik Pembelajaran di luar kelas dapat memperkuat pemahaman peserta didik karena sistem belajar seperti ini peserta didik akan melihat fakta secara langsung di lapangan tentang materi yang di pelajari. Pada dasarnya proses pembelajaran observasi lapangan merupakan penerapan belajar mengamati lingkungan secara individual sehingga secara sepintas hasil dari pembelajaran ini tidak dapat dilihat oleh orang lain melainkan hanya dapat dirasakan oleh diri pebelajar itu sendiri.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Observasi Lapangan terhadap hasil belajar peserta didik pada bidang studi Geografi kelas XI IPS di SMA N 1 Gambiran Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperiemen semu subjek penelitian adalah kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa soal subjektif untuk pre-test dan post-test. Teknik penelitian menggunakan Independent uji t-test dengan menggunakan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Observasi Lapangan terhadap hasil belajar peserta didik pada bidang studi Geografi kelas XI IPS. Berdasarkan analisis data diketahui jumlah nilai rata-rata gain score dari kelas eksperimen adalah 44 79 sedangkan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata sebesar 38 51. Hasil uji-t 0 004 yang menunjukkan sig

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53503

Actions (login required)

View Item View Item