Pengaruh model pembelajaran teams games tournament terhadap motivasi belajar geografi siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Nurlaela - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran teams games tournament terhadap motivasi belajar geografi siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Nurlaela

Nurlaela (2017) Pengaruh model pembelajaran teams games tournament terhadap motivasi belajar geografi siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Nurlaela. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurlaela. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament terhadap Motivasi Belajar Geografi Siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Drs. Yusuf Suharto M.Pd pembimbing II Drs. M. Yusuf Idris Kata Kunci Teams Games Tournament motivasi belajar geografi Motivasi belajar geografi ialah dorongan dalam diri siswa untuk belajar dalam mengenali fenomena geosfer di lingkungannya untuk dapat menyinergikan pengetahuan yang dimiliki dengan kehidupannya. Menumbuhkan motivasi belajar geografi dapat dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai. Model pembelajaran yang dianggap sesuai untuk meningkatkan motivasi belajar geografi siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap motivasi belajar geografi siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas X IIS SMA Laboratorium UM pada materi hubungan manusia dan lingkungan akibat dinamika atmosfer. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas X IIS 1 sebagai kelas kontrol dengan perlakuan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab dan kelas X IIS 2 sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament. Instrumen penelitian berupa angket motivasi belajar geografi yang diberikan pada saat prates dan pascates. Teknik analisis data dilakukan dengan uji t pada taraf signifikasi 945 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar geografi siswa yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Skor gain score rata-rata motivasi belajar geografi siswa pada kelas kontrol sebesar 1.22 dan skor gain score rata-rata motivasi belajar geografi siswa pada kelas eksperimen sebesar 11.58. Hasil uji t pada taraf signifikasi 945 5% adalah 0.000

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53502

Actions (login required)

View Item View Item