Diansah, Eko Nurrohman (2015) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif ilmu pengetahuan alam kelas VII semester II SMPN 1 Malang / Eko Nurrohman Diansah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Diansah Eko Nurrohman. 2015. Pengembangan Multimedia Pembeajaran Interaktif Ilmu pengetahuan Alam Kelas VII Semester II SMPN 1 Malang. Skripsi jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sulthoni M.Pd dan (II) Henry PraherdhionoS.Si M.Pd Kata Kunci Pengembangan Multimedia Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam. Dalam menyampaikan materi kendala yang dihadapi oleh guru adalah mengakomodasi perbedaan dari masing-masing siswa di kelas. Begitupula dengan siswa juga mengalami kendala ketika menerima materi yang diberikan oleh guru karena cara penyampaian materi tidak sesuai dengan karateristik yang dimiliki oleh siswa.Untuk itu diperlukan media yang dapat mengakomodasi perbedaan siswa dalam belajar sesuai karakteristik siswa. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pengembangan multimedia pembelajaran interaktif. Tujuan dari pengembangan adalah menghasilkan multimedia interaktif Ilmu Pengetahuan Alam dengan materi pokok suhu dan perubahannya untuk siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Malang. Pengembangan multimedia pembelajaran ini mengadaptasi model pengembangan dari Lee Owens dengan alur Analisis Desain Pengembangan Implementasi dan Evaluasi. Subjek coba dalam pengembangan multimedia interaktif adalah siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Malang. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif berupa skor hasil instrumen angket siswa validasi ahli media dan validasi ahli materi. Analisis data yang digunakan untuk mengolah hasil angket siswa validasi ahli media dan validasi ahli materi berupa prosentase. Hasil pengembangan multimedia interaktif memenuhi kriteria valid dengan hasil validasi dari ahli media dengan prosentase 90% ahli materi dengan prosentase 92 5% uji coba perorangan dengan prosentase 92 5% uji coba kelompok kecil dengan prosentase 93 2% dan uji coba lapangan dengan prosentase 92 5%. Dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif Ilmu Pengetahuan Alam kelas VII semester II Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Malang layak digunakan dalam pembelajaran.Dalam pemanfaatan multimedia pembelajaran interaktif sebaiknya user sudah terbiasa mengoperasikan komputer dan membaca petunjuk pemanfaatan dengan cermat agar nantinya dalam mengoperasikanmultimedia pembelajaran interaktif user tidak mengalami kesulitan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/535 |
Actions (login required)
View Item |