Penerapan model pembelajaran Inkuiri Suchman untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa kelas XI mata pelajaran geografi SMA Mamba'us Sholihin 2 Kabupaten Blitar / Lubaiba Nadiya Al Kaffi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Inkuiri Suchman untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa kelas XI mata pelajaran geografi SMA Mamba'us Sholihin 2 Kabupaten Blitar / Lubaiba Nadiya Al Kaffi

Al Kaffi, Lubaiba Nadiya (2016) Penerapan model pembelajaran Inkuiri Suchman untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa kelas XI mata pelajaran geografi SMA Mamba'us Sholihin 2 Kabupaten Blitar / Lubaiba Nadiya Al Kaffi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Al Kaffi Lubaiba Nadiya 2016. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Suchman Untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Geografi SMA Mamba us Sholihin 2 Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Budi Handoyo M.Si (II) Ir. Juarti. M.P. Kata Kunci model pembelajaran inkuiri Suchman kemampuan berkomunikasi. Kemampuan berkomunikasi siswa kelas XI IPS A SMA Mamba us Sholihin 2 Kabupaten Blitar pada mata pelajaran Geografi masih rendah. Data pratindakan menunjukkan bahwa hanya terdapat 24% siswa yang memiliki kemampuan berkomunikasi dalam menyampaikan materi Geografi. Rendahnya kemampuan berkomunikasi berakibat pada rendahnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Suchman Kelas XI IPS A Mata Pelajaran Geografi di SMA Mamba us Sholihin 2 Kabupaten Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus untuk mengetahui peningkatan kemampuan membuat data tulisan menjadi data tabel grafik atau diagram kemampuan berargumentasi kemampuan mendeskripsikan masalah kelancaran berbicara dan kejelasan suara. Penelitian tindakan kelas ini menerapkan model pembelajaran inkuiri suchman dengan langkah sebagai berikut (1) memilih permasalahan dan melakukan penelitian (2) memperkenalkan proses dan mengemukakan permasalahan (3) pengumpulan data (4) pengembangan teori dan pengujian teori (5) menjelaskan teori dan menyatakan hubungannya (6) menganalisis proses (7) evaluasi. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran inkuiri suchman untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa adalah pra tindakan rata-rata skor adalah 8 76 dengan persentase 31 28% siklus I rata-rata skor 15 88 dengan persentase sebesar 56 71 % dan siklus II rata-rata skor 27 12 memiliki persentase sebesar 96.85 %. Saran bagi guru mata pelajaran Geografi dianjurkan untuk menerapkan model pembelajaran Inkuiri Suchman dalam kegiatan pembelajaran. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengaplikasikan model pembelajaran ini untuk materi geografi yang lainnya seperti pemanfaatan sumber daya alam. Kearifan lokal kependudukan dan sebagainya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53499

Actions (login required)

View Item View Item