Pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada mata pelajaran geografi / Firda Nisa Izzanatul Hikmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada mata pelajaran geografi / Firda Nisa Izzanatul Hikmah

Hikmah, Firda Nisa Izzanatul (2016) Pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada mata pelajaran geografi / Firda Nisa Izzanatul Hikmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hikmah Firda Nisa I. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Mata Pelajaran Geografi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. (II) Bagus Setiabudi Wiwoho S.Si. M.Si. Kata Kunci Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Kemampuan Berpikir Kritis. Model pembelajaran Think Talk Write (TTW) diperkenalkan oleh Huinker dan Laughlin yang pada dasarnya model pembelajaran ini dibangun melalui 3 tahapan yaitu berpikir berbicara dan menulis. Dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) siswa mampu mengkonstruksi pengetahuan mengorganisasi ide kemudian menguji ide serta menuliskan hasilnya dalam bentuk tulisan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Rancangan penelitian menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian dilakukan di kelas X IIS 1 berjumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol dan X IIS 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 27 siswa SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung tahun ajaran 2015/2016 rata-rata nilai UAS hampir sama. Instrumen untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan tes essai sebanyak 6 soal. Teknik analisis data menggunakan gain score dan dianasis uji t (t-test) dengan bantuan SPSS for windows. Hasil penelitian menunjukkan gain score kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 24 14 untuk kelas eksperimen dan 16 37 untuk kelas kontrol. Hasil uji t menunjukkan uji t hitung untuk nilai berpikir kritis lebih kecil daripada 0 05 (p

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53497

Actions (login required)

View Item View Item