Pengembangan media gambar dengan program prezi materi hidrosfer kelas X / Radityo Utomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media gambar dengan program prezi materi hidrosfer kelas X / Radityo Utomo

Utomo, Radityo (2016) Pengembangan media gambar dengan program prezi materi hidrosfer kelas X / Radityo Utomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Radityo Utomo. 2016. Pengembangan Media Gambar dengan Program Prezi Materi Hidrosfer Kelas X. Skripsi Jurusan Geografi. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Edy Purwanto M.Pd (II) Drs. Djoko Soelistijo M.Si Kata Kunci Pengembangan Gambar Prezi Penelitian dan pengembangan media gambar dengan program preziini berlatar belakangpentingnya gambar pada materi hidrosfer. Hal tersebut dikarena-kan adanya kesalahan konsep pada buku teks pendefinisian konsep kongkrit dan kurangnya gambar pendukung sehingga buku hanya didominasi teks dalam menjelaskan materi. Pemilihan gambar sebagai media pembelajaran karena diduga dapat dipahami dengan mudah membantu penjelasan konsep kongkrit mengatasi keterbatasan ruang waktu dan panca indera serta dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam belajar. Pemilihan program prezi dikarenakan tampilannya yang me-narik dan memungkinkan partisipasi siswa dalam belajar. Tujuan penelitian pengembangan ini untuk mengembangkan media gambar dengan program prezipada matapelajaran geografi SMA kelas Xmateri hidrosfer. Produk diwujudkan dalam bentuk CD pembelajaran yang memuat materi hidrosfer yaitu 1) pengertian hidrosfer dan siklus air 2) perairan darat dan pemanfataannya 3) perairan laut dan potensinya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg Gall namun tidak semua langkah diikuti. Langkah langkah yang diikuti yaitu 1) studi pen-dahuluan 2) perencanaan 3) penyusunan prototipe 4) validasi 5) revisi 6) uji coba lapangan 7) revisi akhir dan 8) diseminasi. Uji coba dilakukan dengan men-jadikan produk sebagai media pembelajaran. Pada uji coba tersebut didapatkan data kuantitatif berupa skor tes pengetahuan dan pemahaman siswa terhadap materi. Analisis dilakukan dengan menghitung tingkat ketuntasan nilai klasikal. Uji coba yang dilakukan di kelas X IIS 5 SMAN 7 Malang dan diikuti 31 siswa. Pada uji coba dilakukan pembelajaran dengan bantuan media gambar. Selanjutnya siswa mengerjakan soal tes yang terdiri dari 20 soal objektif dengan tingkat kognitif pengetahuan (C1) dan pemahaman (C2) yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran. Rata-rata nilai hasil belajar siswa adalah 82 4 dengan sebanyak 29 siswa tuntas belajar.Berdasarkan hasil tersebut tersebut diketahui persentase nilai ketuntasan klasikal setelah uji coba media gambar dengan program prezi pada materi hidrosfer adalah 83 8%. Produk akhir pengembangan berupa CD pembelajaran berisi media gambar dengan program prezi materi hidrosfer kelas X IIS SMA/ MA.Produk dapat digunakan guru sebagai alat bantu penyampaian materi hidrosfer. Produk akhir disebarluaskan melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Produk akhir ini terbatas pada satu materi yaitu hidrosfer. Saran berdasarkan hasil penelitian ini adalah memperlengkap media pada materi matapelajaran geografi. Hasil pe-ngembangan lebih baik diuji coba dan dieksperimenkan dalam skala nasional untuk memperoleh hasil yang lebih valid. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Nov 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53494

Actions (login required)

View Item View Item