Pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan karya tulis ilmiah geografi siswa kelas XI IPS / Firayatin Yashintawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan karya tulis ilmiah geografi siswa kelas XI IPS / Firayatin Yashintawati

Yashintawati, Firayatin (2016) Pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan karya tulis ilmiah geografi siswa kelas XI IPS / Firayatin Yashintawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yashintawati Firayatin. 2015. Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Menyusun Karya Tulis Ilmiah Geografi Siswa Kelas XI IPS. Skripsi Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hadi Soekamto S.H. M.Pd. M.Si. (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si. Kata Kunci Project Based Learning (PjBL) Kemampuan Menyusun Karya Tulis Ilmiah Model Project Based Learning (PjBL) tidak hanya mendorong siswa aktif di kelas namun juga dapat membantu siswa dalam mengasah keterampilan berpikir sistematis logis kritis kreatif serta pemecahan masalah karena pembelajarannya bermakna menyenangkan dan bersinggungan langsung dengan dunia nyata. Hal tersebut karena model Project Based Learning (PjBL) berlandaskan teori konstruktivisme konstruksionisme dan kolaboratif yang bersifat kontekstual serta berbasis saintifik yang sintak pembelajarannya dilakukan sesuai dengan prosedur ilmiah. Kesemua keterampilan tersebut sangat membantu dalam penyusunan karya tulis ilmiah. Oleh karena itu penerapan model Project Based Learning (PjBL) dalam kegiatan pembelajaran secara tidak langsung dapat mengasah kemampuan siswa dalam menyusun karya tulis ilmiah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan siswa kelas XI IPS dalam menyusun karya tulis ilmiah pada mata pelajaran Geografi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian eksperimen semu (quasy eksperimental) yang menggunakan rancangan post-test only design. Subyek penelitian berjumlah 73 siswa yang dibagi ke dalam kelas eksperimen sebanyak 36 siswa dan kelas kontrol sebanyak 37 siswa. Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah diskusi dan tanya jawab). Teknik pengolahan data menggunakan rubrik penilaian penulisan karya tulis ilmiah yang dikembangkan oleh peneliti. Data penelitian ini diuji menggunakan uji t dengan sampel tidak berpasangan yakni dengan bantuan program SPSS 18.0 for Windows independent sample t-test. Hasil yang diperoleh adalah Sig. (2-tailed) 0 05 yakni 0 000 yang berarti H0 ditolak atau tidak dapat diterima dengan selisih rata-rata nilai antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol adalah 13 27. Rata-rata nilai menulis karya tulis ilmiah kelas eksperimen menunjukkan angka lebih tinggi yakni 80 06 sedangkan rata-rata nilai menulis karya tulis ilmiah kelas kontrol hanya 66 78. Oleh karena itu penelitian ini menghasilkan temuan bahwa model Project Based Learning (PjBL) berpengaruh positif terhadap kemampuan menyusun karya tulis ilmiah geografi siswa kelas XI IPS. Saran bagi pihak sekolah terutama yang telah menerapkan K13 hendaknya mewajibkan atau minimal aktif memberikan arahan kepada para guru untuk menerapkan model Project Based Learning (PjBL) dalam kegiatan pembelajaran karena mampu meningkatkan kemampuan menyusun karya tulis ilmiah siswa serta mengintegrasikan model Project Based Learning (PjBL) ke dalam program sekolah. Sedangkan bagi guru diharapkan mampu memahami betul kelebihan dan kekurangan model Project Based Learning (PjBL) dalam kegiatan pembelajaran agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik sehingga dapat berpengaruh positif dalam meningkatkan kompetensi siswa. Bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitian terhadap model Project Based Learning (PjBL) dapat menerapkannya pada mata pelajaran lain yang memiliki materi bersifat aplikatif atau dapat juga meneliti pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap kompetensi lain misalnya berpikir kompleks berpikir analitis life skill dan dapat pula membandingkan keefektifan model Project Based Learning (PjBL) dengan model pembelajaran berbasis saintifik lainnya dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Nov 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/53493

Actions (login required)

View Item View Item