Pengelolahan program pembelajaran al-Qur'an dengan metode tilawati (studi kasus di Taman Pendidikan al-Qur'an Nurul Huda Kelurahan Karangbesuki, Kecamatan Sukun, Malang) / Atik Winarni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengelolahan program pembelajaran al-Qur'an dengan metode tilawati (studi kasus di Taman Pendidikan al-Qur'an Nurul Huda Kelurahan Karangbesuki, Kecamatan Sukun, Malang) / Atik Winarni

Winarni, Atik (2019) Pengelolahan program pembelajaran al-Qur'an dengan metode tilawati (studi kasus di Taman Pendidikan al-Qur'an Nurul Huda Kelurahan Karangbesuki, Kecamatan Sukun, Malang) / Atik Winarni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Atik Winarni 2017. Pengelolaan Program Pembelajaran Al- Qur an Dengan Metode Tilawati (Study Kasus di Taman Pendidikan Al-Qur an Nurul Huda Kelurahan Karangbesuki Kecamatan Sukun Malang). Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Umi Dayati M.Pd. (II) Drs. H. Imam Hambali M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Al-Quran dan Metode Tilawati Pembelajaran Al-Quran merupakan pendidikan agama yang pokok dan utama di dalam setiap pembelajaran termasuk di TPQ. Metode tilawati merupakan metode belajar membaca Al-Qur an yang menggunakan nada-nada tilawah dengan pendekatan yang seimbang antara pembiasaan melalui klasikal dan kebenaran membaca melalui individual dengan teknik baca simak sehingga dalam pembelajaran santri dapat tuntas dan khatam dalam membaca Al-Qur an.Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan tahapan penyelenggaraan dari perencanaan pelaksanaan dan evaluasi kegiatan. Metode Penelitian dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik siklus interaktif melalui proses analisis melalui dengan cara data collection data display data reduction conclusion drawing and verifying. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) proses perencanaan sudah melakukan beberapa tahapan dari menyusun materi pelajaran menggunakan media pembelajaran menggunakan pendekatan atau metode pembelajaran dalam suatu alokasi waktu yang akan dilaksanakan pada masa satu semester yang akan datang untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan 2) pelaksanaan pembelajaran ditemukan dapat memunculkan interaksi guru dan santri. Interaksi tersebut dikarenakan dalam pembelajaranya menghargai setiap proses yang di lakukan oleh santri selain itu pada proses pembelajaran menggunakan metode tilawati untuk pendekatan klasikal 3) Pembelajaran di TPQ Nurul Huda menggunakan alat peraga yang berupa flip card huruf hijaiyah disesuaikan dengan jilid masing-masing. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan individual dengan cara teknik baca simak. Dalam proses belajaranya dilakukan dengan cara membaca secara bergiliran per individu dan lainya menyimak 4) Proses evaluasi mulai dari pengumpulan data menganalisis dan informasi data untuk menentukan sejauh mana peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran. Pada tahap evaluasi dilakukan secara menyeluruh mulai dari evaluasi harian bulanan dan tahuan. Evaluasi harian dilakukan dengan cara mencatat hasil pelaksanaan pembelajaran yang sudah dilaksanakan. Evaluasi bulanan yang menjadi perantara antar orang tua dan guru untuk mengevaluasi perkembangan pembelajaran dan mereka di TPQ maupun dirumah. Evaluasi tahunan yang dilakukan bersama pihak yayasan untuk mengembangkan program menjadi semakin baik kedepanya untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Saran yang diberikan dalam penelitian adalah 1) sebaiknya pada proses perencanaan pihak penyelenggraan TPQ nurul huda mulai dari ketua beserta ustadzah bekerja sama untuk lebih memaksimalkan beberapa tahapan mulai dari penyusunan materi pembelajaran penggunaaan media pembelajaran menggunakan pendekatan yang dilakukan kepada para santri penggunaan metode pembelajaran yang digunakan serta alokasi waktu yang direcanakan di atur lebih sistematis dan tertulis secara adminitratif 2) sebaiknya dalam proses pelaksanaan pembelajaran agar interaksi guru dan santri tetap terjaga pihak ketua yayasan mengadakan pelatihan untuk ustadzah yang ber tema cara memberikan pembelajaran yang aktif kreatif dan menyenangkan pada pembelajaran Al-qur an 3) sebaiknya pada proses evaluasi harian mingguan. Bulanan tahunan selalu ii melibatkan mulai dari pihak yayasan ustadzah dan orang tua untuk saling mengetahui perkembangan pembelajaran para santri. sehingga pada pengembangan program bisa saling bekerja sama untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5349

Actions (login required)

View Item View Item